Ginting Melaju ke Semifinal Olimpiade, Ganda Puteri Catat Sejarah

Image title
Oleh Maesaroh
31 Juli 2021, 12:48
Pebulutangkis ganda putri Indonesia Greysia Pollii/Apriyani Rahayu merayakan kemenangan atas ganda putri Korea Selatan Lee Sohee/Shin Seungchan dalam semifinal Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Sabtu (31/7/2021). Greysia
Katadata
Pebulutangkis ganda putri Indonesia Greysia Pollii/Apriyani Rahayu merayakan kemenangan atas ganda putri Korea Selatan Lee Sohee/Shin Seungchan dalam semifinal Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Sabtu (31/7/2021). Greysia/Apriyani menang 21-19, 21-17 dan melaju ke final. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Pebulutangkis tunggal putera Indonesia Anthony Sinisuka Ginting melaju ke semifinal pada Olimpiade Tokyo 2020.  Tunggal putera berperingkat lima dunia tersebut mengalahkan pemain asal Denmark Anders Antonsen melalui pertandingan sengit dalam tiga gim di perempatfinal, Sabtu (31/7) dengan skor 21-18, 15-21, dan 21-19.

Pada gim pertama, Ginting mengalahkan Anders Antonsen dengan skor 21-18  di mana keduanya saling susul-menyusul poin.  Ginting sempat unggul 5-4 atas Antonsen yang kini menduduki peringkat tiga dunia. Tertinggal, Antonsen mengejar poin dan mampu menyamakan kedudukan menjadi 7-7. 

Advertisement

Ginting terus mendulang poin untuk unggul 11-8 tetapi Antonsen kembali menyamakan kedudukan 12-12.  Setelah itu, Ginting sempat unggul jauh 18-14 tetapi lawan melakukan perlawanan sengit hingga mampu mengejar ketertinggalan menjadi 20-18. Pebulu tangkis asal Cimahi, Jawa Barat, akhirnya memenangi pertarungan sengit di set pertama dengan skor 21-18.

 Pada gim kedua, Antonsen bangkit untuk mengalahkan Ginting dengan skor 21-15.  Perlawanan sengit kembali terjadi  di gim ketiga di mana Antonsen sempat memimpin terlebih dahulu dengan skor 7-9. Ginting menyamakan kedudukan 14-14 dan kemudian balik unggul atas lawannya dengan skor 16-14. Pemain berusia 24 taun tersebut terus unggul atas lawannya hingga menyudahi perlawanan dengan skor 21-19.

Ginting dijadwalkan bertanding di semifinal pada Minggu siang (1/8).
 

 Sejarah Ganda Putri

Sementara itu, pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu mencetak sejarah manis untuk Indonesia. Greysia/Apriyani mencatatkan diri sebagai pasangan ganda puteri pertama Indonesia yang sanggup melaju ke final di ajang multievent Olimpiade sekaligus yang mampu mempersembahkan medali.

Dengan melangkah ke final, pasangan ganda puteri berperingkat enam dunia tersebut juga masih menjaga asa Indonesia untuk meraih medali emas di Olimpiade Tokyo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement