Kebutuhan Tinggi, RI Perlu Impor Obat Covid-19 dari Banyak Negara

Image title
Oleh Maesaroh
3 Agustus 2021, 20:47
obat covid, obat virus corona, Kemenkes
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono
Apoteker memperlihatkan salah satu obat COVID-19 di salah satu apotek di Manado, Sulawesi Utara, Minggu (25/7/2021)

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi berharap pemerintah bisa memperkuat diplomasi dengan negara lain terkait pasokan obat terapi Covid-19. Pasalnya, Indonesia membutuhkan banyak negara sebagai  alternatif pemasok obat di luar yang selama ini ada.

Siti Nadia mencontohkan bahwa Iran bisa dijadikan alternatif pemasok obat Covid-19 karena negara tersebut memiliki stok obat yang cukup. Selama ini, Indonesia sangat menggantungkan pasokan obat dan bahan bakunya ke beberapa negara seperti India dan Amerika Serikat.

“Kita perlu mendorong mekanisme lain untuk menambahkan tambahan supply dari China, Bangladesh, Mesir, dan juga Turki,” kata Siti Nadia Tarmizi, pada Webinar Keterbukaan Informasi Publik yang diselenggarakan Kementerian Keuangan, Selasa (3/9).

Dia menambahkan jenis obat Covid-19 yang stoknya terbatas namun kebutuhannya terus meningkat adalah Remdesivir, Tocilizumab, dan IVIg. Ketiga jenis obat tersebut hanya bisa diperoleh melalui impor.

 “Ketiga obat tersebut harus impor. Fokus kita adalah bagaimana mendapatkan tiga jenis obat ini, karena jenis obat ini jauh lebih sulit mendapatkannya,” papar Siti Nadia.

Dia menjelaskan obat terapi Covid-19 lain seperti Ivermectin, Favipiravir, Oseltamivir, dan Azithromycin itu diproduksi di dalam negeri. Namun, bahan baku obat-obat tersebut tetap harus impor.  Ketergantungan industri farmasi Indonesia kepada bahan baku impor memang masih sangat tinggi  yakni sekitar 90%.

Siti Nadia mengatakan kebutuhan obat sempat meningkat signifikan seiring melonjaknya kasus positif Covid-19 pada Juli lalu. Meski kasus mulai melandai dan kebutuhan obat sudah menurun, Kemenkes berharap tambahan pasokan obat dari negara-negara lain tetap terjaga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...