Penemu AstraZeneca, Sarah Gilbert Diabadikan Dalam Figur Boneka Barbie

Image title
Oleh Maesaroh - Sorta Tobing
5 Agustus 2021, 10:18
Sarah Gilbert, peneliti vaksin AstraZeneca
Universitas Oxford
Profesor Sarah Gilbert, peneliti vaksin AstraZeneca

Penghargaan dan apresiasi terus diperoleh Dame Sarah Catherine Gilbert. Terakhir, profesor vaksinologi asal Inggris tersebut diabadikan dalam figur boneka Barbie atas penghargaannya dalam penelitian vaksin AstraZeneca. 

Tampil dalam balutan setelan berwarna biru navy serta blus putih, berkacamata dan berambut pirang panjang, sosok Gilbert nampak anggun sebagai figur boneka Barbie. 

Perusahaan pembuat mainan Barbie yakni Mattel, Inc memutuskan untuk mengabadikan sosok Sarah karena dedikasinya yang luar biasa dalam menemukan vaksin AstraZeneca.

“Barbie menyadari bahwa semua tenaga kesehatan yang berada di garda depan (penanganan Covid-10) telah berkorban luar biasa saat  berjuang melawan pandemi. Kami ingin berbagai cerita mengenai perjuangan mereka. Mereka akan menginspirasi generasi berikutnya saat generasi tersebut mengambil alih estafet perjuangan pahlawan-pahlawan ini,” kata Lisa McKnight,  senior vice president dan  global head Mattel, seperti dikuti The Guardian.

 Lalu bagaimana Sarah menanggapi sosoknya yang kini akan dipajang di toko-toko mainan? Kendati merasa “sangat aneh” saat pertama kali melihat, perempuan peraih Albert Medal (2021) dan Princess of Asturias Awards (2021) tersebut berharap dia bisa menginspirasi anak-anak setelah mereka melihat sosoknya.

“Harapannya, boneka saya akan membuka mata anak-anak bahwa ada profesi-profesi yang selama ini mungkin tidak terpikirkan oleh mereka seperti menjadi seorang vaksinologi,” tutur Sarah, seperti dilansir The Washington Post, Rabu (4/8).

Sosok Sarah yang kini hadir dalam figur boneka Barbie juga semakin memperbanyak sosok di dunia kesehatan yang diabadikan  perusahaan asal Amerika Serikat tersebut. Padahal sebelumnya, figur boneka Barbie sangat identik dengan tokoh di dunia hiburan seperti Maryln Monroe dan Beyonce.

Selain Sarah, sosok tenaga Kesehatan dan peneliti yang diabadikan dalam figur boneka Barbie lainnya adalah perawat asal Brooklyn Amy O’Sullivan, dokter asal Las Vegas, Audrey Cruz, dokter dan penulis asal Kanada Chika Stacy Oriuwa, peneliti biomedical asal Brasil Jaqueline Goes de Jesus dan dokter asal  Australia Kirby White.

Halaman:
Reporter: Maesaroh, Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...