Kasus Covid-19 Balik Dekati 40 Ribu Sehari, NTT, Riau Naik Lebih 150%

Tambahan kasus Covid-19 di daerah Luar Jawa masih sangat tinggi, terutama di Pulau Sulawesi dan Sumatera.
Image title
6 Agustus 2021, 18:15
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi dua orang tenaga kesehatan meninjau sejumlah fasilitas usai meresmikan Rumah Sakit Modular Pertamina di Jakarta, Jumat (6/8/2021). Rumah Sakit khusus pasien COVID-19 yang berlokasi di kawasan Tanjung Duren tersebut
. ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Muchlis Jr/Handout
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi dua orang tenaga kesehatan meninjau sejumlah fasilitas usai meresmikan Rumah Sakit Modular Pertamina di Jakarta, Jumat (6/8/2021). Rumah Sakit khusus pasien COVID-19 yang berlokasi di kawasan Tanjung Duren tersebut memiliki kapasitas 305 tempat tidur yang terdiri atas tempat tidur isolasi, tempat tidur High Care Unit (HCU) dan Intensive Care Unit (ICU). ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Muchlis Jr/Handout/wsj.

Jumlah penambahan kasus positif Covid-19 yang dilaporkan hari ini mencapai 39.532, atau mendekati level 40 ribu kasus sehari. Padahal, dalam sepekan terakhir, kasus yang dilaporkan selalu di bawah angka 40 ribu kasus.

Penambahan kasus positif yang dilaporkan pada Jumat (6/8) merupakan yang tertinggi sejak 30 Juli lalu yakni 41.168 kasus.  Peningkatan kasus nasional terjadi karena beberapa daerah melaporkan adanya lonjakan kasus yang luar biasa, terutama di Nusa Tenggara, Riau, dan Sulawesi Tengah.

Provinsi Nusa Tenggara melaporkan penambahan kasus sebanyak 3.598 kasus, angka ini melonjak 217% dibandingkan dengan yang dilaporkan kemarin. Kasus di wilayah tersebut juga naik hampir tujuh kali lipat dibandingkan yang dilaporkan pada Rabu (4/8) yakni 530 kasus.

Provinsi lain yang mencatat lonjakan tinggi adalah Riau dengan tambahan kasus mencapai  2.205 pada Jumat (6/8). Angka ini naik 156% dibandingkan yang dilaporkan kemarin. Provinsi tersebut juga selalu mencatatkan tambahan kasus di atas 1.000 sejak 23 Juli, kecuali pada Kamis (5/8). 

Sulawesi Tengah adalah provinsi lain yang melaporkan adanya penambahan kasus dalam jumlah tinggi. Kasus positif yang dilaporkan pada hari ini mencapai 1.566 kasus, atau naik 87% dibandingkan kemarin.  Ini adalah kali pertama Sulawesi Tengah mencatatkan kasus positif di atas level 1.000 dalam sehari sejak pandemi melanda tanah air.

Dengan tambahan 39.532 kasus pada hari ini maka total orang Indonesia yang telah terinfeksi Corona mencapai 3,61 juta. Sebanyak 48.832 orang dinyatakan sembuh pada hari ini sehingga kasus sembuh mencapai 2,99 juta.

 Angka kematian yang dilaporkan pada hari ini mencapai 1.635 kasus, di mana Jawa Tengah menjadi penyumbang kasus kematian terbanyak dengan 440 kasus disusul dengan Jawa Timur 380 kasus. Laporan hari ini juga menjadi catatan buruk bagi Jawa Tengah karena provinsi tersebut menjadi penyumbang kasus kematian terbanyak selama empat hari berturut-turut. Hingga hari ini, total angka kematian mencapai 104.010 jiwa.

Jumlah tes harian pada hari ini kembali turun menjadi 148.980.  Lebih rendah dibandingkan pada Kamis (5/8) yakni 153.917. Jumlah tes harian terus di bawah 200.000 sejak 23 Juli lalu padahal pemerintah berjanji menaikkan testing dan tracing untuk menekan penularan. Jumlah tes harian tertinggi masih tercatat pada 22 Juli yakni 228.702 orang per hari.

Sedangkan angka rasio positif hari ini naik menjadi  26.54%. Namun jika mengacu NAAT (PCR dan tes cepat molekuler), maka rasionya menjadi 42.93%.

Presiden Joko Widodo hari ini menggarisbawahi rasio keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Ratio/BOR) di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran yang menurun menjadi 25% pada Jumat (6/8). Kepala Negara juga bersyukur lantaran kasus juga menunjukan sedikit penurunan di wilayah Jawa dan Bali.

Jokowi kerap mengecek data pergerakan kasus hingga BOR setiap hari. "Enam minggu atau delapan minggu yang lalu di Wisma Atlet sekitar 90-an persen. Pagi hari ini, saya mendapatkan informasi angkanya sudah berada di posisi 25% BOR-nya," kata Jokowi saat Peresmian Rumah Sakit Modular Pertamina Tanjung Duren, Jakarta, Jumat (6/8).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait