Sinyal Ekonomi Pulih, Tambahan Pekerja di AS Tertinggi dalam 11 Bulan

Image title
Oleh Maesaroh
7 Agustus 2021, 07:06
Brendan McDermid Jessica Alba, aktor dan wanita pengusaha, berpose untuk juru foto bersama dengan tamu dan keluarga saat IPO The Honest Company di situs Nasdaq Market di Times Square di New York City, Amerika Serikat, Rabu (5/5/2021). Amerika Serika
ANTARA FOTO/REUTERS/Brendan McDermid/hp/cf
Brendan McDermid Jessica Alba, aktor dan wanita pengusaha, berpose untuk juru foto bersama dengan tamu dan keluarga saat IPO The Honest Company di situs Nasdaq Market di Times Square di New York City, Amerika Serikat, Rabu (5/5/2021). Amerika Serikat menyerap 943 tenaga kerja di Juli 2021.

Amerika Serikat (AS) melaporkan perkembangan mengembirakan dari sektor tenaga kerja. Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan adanya penambahan 943 ribu  pekerja di bulan Juli . Angka ini adalah yang tertinggi sejak September 2020 yakni 1,58 juta orang.

 Jumlah penambahan orang yang bekerja ini jauh melebihi konsensus pasar yakni 850-870 ribu. Peningkatan ini juga semakin menegaskan jika perekonomian negara adi daya tersebut telah pulih setelah jatuh karena pandemi Covid-19. 

Advertisement

Penambahan pekerja diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa bulan mendatang seiring dengan pemulihan ekonomi dan percepatan vaksinasi. Namun, kondisi bisa berubah ke arah sebaliknya jika negara tersebut gagal memerangi ganasnya varian Delta Covid-19. 

“Dalam hal pertumbuhan ekonomi, kita mungkin sedang dalam tahap lari sprint tetapi kita bisa berubah ke fase marathon. Varian Delta adalah perhatian terbesar kita semua,” ujar Scott Anderson, kepala ekonom Bank of West, San Fransisco, seperiti dilansir BBC.

Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat juga melaporkan adanya penurunan pengangguran yang signifikan. Angka pengangguran di AS turun ke level 5,4% di bulan Juli, atau terendah sejak Maret 2020 yakni 4,4%.

Pada Juli 2021, jumlah orang yang menganggur di Amerika Serikat berkurang 782 ribu menjadi 8,7 juta. Angka ini memang masih lebih tinggi dibandingkan yang dilaporkan pada Februari 2020 yakni 5,7 juta atau saat Covid-19 belum menjadi pandemi global.

Namun, jumlah pengangguran di AS di bulan lalu  jauh lebih rendah dibandingkan yang dicatat pada April 2020. Saat itu, sebanyak 23 juta orang AS harus kehilangan kerja menyusul pandemi yang tidak terkendali.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement