Australia Perluas Lockdown Untuk Redam Ganasnya Varian Delta

Cahya Puteri Abdi Rabbi
10 Agustus 2021, 10:40
Ribuan pengunjuk rasa memenuhi jalan di beberapa kota besar Australia, Sabtu (24/7), seperti Sydney, Brisbane, Melbourne, dan Adelaide menolak penguncian wilayah atau lockdown yang kini sudah memasuki minggu kelima.
Twitter Alyx Gorman, @AlyxG
Ribuan pengunjuk rasa memenuhi jalan di beberapa kota besar Australia, Sabtu (24/7), seperti Sydney, Brisbane, Melbourne, dan Adelaide menolak penguncian wilayah atau lockdown yang kini sudah memasuki minggu kelima.

Pemerintah New South Wales, Australia, memperluas penguncian wilayah atau lockdown ke wilayah pedesaan Tamworth. Langkah ini diambil untuk mencegah penyebaran Covid-19 dari Sydney ke wilayah pedesaaan.

Perdana Menteri New South Wales Gladys Berejiklian mengumumkan kebijakan lockdown setelah beberapa orang dinyatakan terpapar Covid-19. Mereka diketahui telah melakukan perjalanan dari Sydney ke Tamworth tanpa izin.

"Sebagai tindakan pencegahan, para ahli kesehatan telah merekomendasikan kami menerapkan lockdown Tamworth selama sepekan," kata Berejiklian kepada wartawan di Sydney, dikutip dari Reuters, Selasa (10/8).

Selain itu, para pejabat juga mendesak masyarakat di daerah Teluk Byron untuk dites setelah seorang pria  yang melakukan perjalanan dari Sydney ke daerah tersebut dinyatakan positif.

 Tamworth merupakan kota pertanian yang berjarak 414 km dari barat laut Kota Sydney sementara Byron yang selama ini dikenal sebagai salah satu pusat wisata berjarak 770 km dari utara kota Sydney.  Baik Tamworth ataupun Byron akan memberlakukan lockdown selama tujuh hari.

Dilansir dari Reuters, New South Wales sebelumnya melaporkan 283 kasus infeksi Covid-19 lokal harian dalam 24 jam terakhir, naik dari 262 kasus sehari sebelumnya. Negara bagian tersebut masih kesulitan meredam ganasnya varian Delta meskipun sudah memberlakukan lockdown selama tujuh minggu.

Sementara itu, negara bagian Victoria, mulai melakukan pelonggaran pembatasan sejak Senin (9/8). Namun ibu kota Victoria, Melbourne, akan tetap menerapkan lockdown hingga setidaknya 12 Agustus mendatang.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...