Bentuk Apresiasi, Jokowi Tebar Bonus ke Atlet dan Pelatih Olimpiade

Rizky Alika
13 Agustus 2021, 10:05
Joko Widodo, olimpiade, Tokyo
Katadata
Presiden Joko Widodo saat acara pelepasan kontingen Indonesia ke Olimpiade Tokyo di Istana Negara, Jakarta (8/7). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Tim Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2021 di Istana Bogor, Jumat (13/8). Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi berjanji bahwa pemerintah akan memberikan bonus uang tunai kepada semua atlet yang berlaga di Olimpiade Tokyo baik kepada peraih medali,ataupun yang tidak meraih medali.  Tidak ketinggalan, pemerintah juga akan memberikan bonus kepada pelatih.

Jokowi mengatakan pemerintah akan memberikan hadiah sebesar Rp 5,5 miliar kepada periah medali emas. Selain peraih medali emas, atlet peraih medali perak akan mendapatkan hadiah Rp 2,5 miliar, sementara atlet peraih medali perunggu Rp 1,5 miliar. Bonus juga diberikan kepada para pelatih dan para atlet nonperaih medali. Para atlet yang tidak meraih medali diberikan bonus sebesar Rp 100 juta per orang.

"Atas prestasi yang saudara raih, pemerintah memberikan penghargaan berupa bonus," kata Jokowi di Istana Bogor, Jumat (13/8).

Seperti diketahui, Indonesia mengirim 28 atlet ke Olimpiade Tokyo 2020. Secara khusus, Presiden Jokowi berterima kasih kepada pasangan ganda puteri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu sebagai peraih emas dari cabang olah raga bulutangkis.  "Ini melanjutkan tradisi emas di Olimpiade dari cabang bulu tangkis," ujar Kepala Negara itu.

Di luar medali emas,  lifter putra Indonesia Eko Yuli Irawan mempersembahkan medali perak  di kelas 61 kg. Sedangkan, tiga medali perunggu disumbangkan oleh lifter putri Windy Cantika Aisah di kelas 49 kg, lifter putra Rahmat Abdullah di kelas 73 kg, dan tunggal putra badminton Anthony Sinisuka Ginting.

Jokowi pun bangga atas kerja keras para atlet. Ia berharap, prestasi yang diraih para atlet dapat menjadi inspirasi bagi atlet lain.

"Dapat menjadi dorongan dan motivasi bagi para atlet dan masyarakat agar terus bekerja keras, terus berprestasi agar memberikan yang terbaik pada bangsa dan negara," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...