Percepat Vaksinasi, Indonesia Kembali Terima 5 Juta Vaksin Sinovac

Rizky Alika
13 Agustus 2021, 14:05
sinovac, vaksin, covid-19
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Petugas kargo membawa vaksin COVID-19 jenis Moderna setibanya di Terminal Cargo Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (11/7/2021). Har ini, Jumat (13/8), Indonesia juga kedatangan kembali vaksin Sinovac.. ANTARA FOTO/Fauzan/foc.

Indonesia kembali menerima stok vaksin Sinovac asal Tiongkok sebanyak 5 juta dosis,. Jumat (13/8) Vaksin produksi perusahaan Sinovac Biotech Ltd itu dikirimkan dalam kemasan jadi dosis 1 mililiter dalam satu vial.

"Tentunya menambah jumlah vaksin yang tersedia untuk program pemerintah," kata Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito dalam konferensi pers virtual, Jumat (13/8).

Advertisement

Dengan tambahan hari ini, vaksin Sinovac sudah mencapai lebih dari 185 juta dosis di Tanah Air. Bahkan, jumlahnya hampir mencapai 200 juta dosis. Besarnya pasokan ini mencerminkan upaya keras pemerintah untuk memenuhi stok vaksinasi. Dengan demikian, target kekebalan komunitas dapat segera tercapai dengan menyuntik sekitar 208 juta penduduk.

Penny memastikan, pihaknya selalu melakukan pendampingan untuk memastikan keamanan, mutu, dan khasiat vaksin tetap terjaga. Pendampingan dilakukan mulai dari proses kerja sama, pengembangan, kedatangan, hingga distribusi vaksin.

Mulai Agustus ini, pemerintah juga mempercepat proses vaksinasi dengan menyuntik 2 juta dosis per hari. Upaya ini dilakukan untuk mempercepat herd immunity.  Ia pun mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat vaksinasi, khususnya Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Kepolisian, dan kementerian/lembaga lain. "Utamanya para tenaga kesehatan dan relawan serta masyarakat yang mendukung percepatan vaksinasi," ujar dia.

Ke depan, BPOM akan terus melakukan pengawasan untuk memastikan vaksin yang masuk ke Indonesia terjamin. Vaksin yang masuk ke Indonesia juga telah mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement