PM Malaysia Muhyiddin Mundur, Siapa Calon Kuat Penggantinya?

Image title
Oleh Maesaroh
17 Agustus 2021, 08:55
Covid-19, Malaysia
ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng/hp/cfo
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin tiba di National Palace untuk pertemuan dengan raja di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (16/8/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng/hp/cfo

Muhyiddin Yassin akhirnya mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia pada Senin (16/8) dan mengakhiri periode 17 bulan pemerintahannya yang penuh gejolak. Sejumlah nama politikus disebut-sebut memiliki kans kuat untuk menggantikannya.

Seperti diberitakan Channel News Asia, Muhyiddin resmi turun dari jabatan PM setelah surat pengunduran dirinya diterima Raja Malaysia, Sultan Abdullah Ahmad Shah. Kendati demikian, Muhyiddin tetap bertugas sebagai caretaker PM sampai negara tersebut memiliki perdana menteri yang sah lewat pemilihan umum.

Seperti diketahui, Malaysia merupakan monarki konstitusional dan Raja memiliki kekuatan yang sah untuk menunjuk seseorang sebagai perdana menteri sementara ataupun seorang anggota parlemen yang Raja yakini bisa memimpin mayorita parlemen negara tersebut.

Namun, kondisi pandemi Covid-19 menyulitkan Malaysia untuk menggelar pemilu secepatnya. Pemilihan umum kemungkinan besar baru akan terlaksana pada 2023 mendatang. Kendati demikian, sejumlah nama tetap muncul sebagai calon terkuat pengganti Muhyiddin.

"Secara realistis, Dr Mahathir Mohamad adalah pilihan terbaik karena dia memiliki determinasi (untuk memimpin pemerintahan) dan sepertinya dia bisa memimpin mayoritas (parlemen. Nama Anwar Ibrahim dan Shafie Apdal juga bisa masuk kandidat," ujar pengamat dari Singapore Institute Dr Oh Ei Sun, seperti dikutip Channel News Asia.

Mahathir yang sekarang memimpin Parti Pejuang Tanah Air dikenal luas sebagai PM terlama yang pernah memegang Malaysia. Sementara itu, Anwar Ibrahim adalah pemimpin Parti Keadilan Rakyatdan Shafie mengetuai Parti Warisan yang berbasis di wilayah Sabah.

Dr Ahmad Fauzi Abdul Hamid, profesor ilmu politik dari Universiti Sains Malaysia, mengatakan Tengku Razaleigh Hamzah memiliki pengalaman dan track record yang bagus sebagai kandidat perdana menteri. Tengku adalah anggota keluarga kerajaan Kelantan yang pernah menjabat sebagai menteri keuangan di bawah PM Tun Hussein Onn dan Mahathir. Tengku juga berpengalaman selama 47 tahun sebagai anggota parlemen Malaysia.

"Jika Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) UMNO menguasai pemerintahan, Tengku Razaleigh menjadi kandidat bagus sebagai PM karena track recordnya yang besih, tidak pernah memiliki lawan politik serta sudah vakum dari pemerintahan selama 30 tahun," ujar Ahmad Fauzi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...