Berbaju Adat Lampung, Jokowi Pimpin Upacara Detik Detik Proklamasi

Jokowi memimpin upacara HUT RI dan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta. Tahun 2021 menjadi tahun kedua Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus di tengah pandemi.
Image title
17 Agustus 2021, 11:05
Jokowi, HUT RI
ANTARA FOTO/Setpres/handout/wpa/wsj.
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) tiba untuk memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan 1945 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021). Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung, sementara Ibu Negara mengenakan busana nasional dengan kain songket. ANTARA FOTO/Setpres/handout/wpa/wsj.

Presiden Joko Widodo memimpin upacara 17 Agustus dan Peringatan Detik-Detik Proklamasi  Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8).  Orang nomor satu di Indonesia tersebut nampak mengenakan baju adat lampung berwarna merah putih sementara  Ibu Negara Iriana  menggenapkan tema adat Lampung dengan kain songket.

"Pimpin Upacara di Istana Merdeka, Presiden @Jokowi Kenakan Pakaian Adat Lampung.  Kenakan Pakaian Adat Lampung Pakaian adat Pepadun yang dipakai Presiden terdiri atas baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang berwarna putih juga," tulis Sekretariat Kabinet melalui twitternya.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin tampil mengenakan baju adat Sunda, Jawa Barat.  Ma'ruf Amin mengenakan setelan jas dan celana panjang berwarna biru yang dipadukan dengan kain batik di pinggang.  Melengkapi penampilan khas Sunda, Wapres mengenakan penutup kepala “bendo”. 

Seperti dikutip Antara,  Wury Ma’ruf Amin mengenakan kebaya sulam warna biru dengan kain tradisional bermotif batik khas Sunda yang biasa disebut sarung kebat atau sinjang bundel. Wury juga mengenakan kerudung berwarna setara dengan kebayanya dan menggunakan alas kaki kelom geulis.

Advertisement

Ditunjuk sebagai komandon upacara pada Peringatan Detik-Detik Proklamasi  Kemerdekaan RI  adalah Kolonel Pnb Putu Sucahyadi. Asisten Operasi (Asops) Kosekhanudnas II Makassar tersebut lahir di Denpasar, 9 Oktober 1977 dan merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1999.

Bertindak sebagai Komandan Kompi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)  ialah Kapten Inf Suryadi Nataatmaja yang saat ini bertugas sebagai Danki Pandu Udara Denpandutaikam Brigif Para Raider 18/2 Kostrad.
Ardelia Muthia Zahwa, siswi  SMA Harapan I Medan dan menjadi perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara, terpilih sebagai pembawa Bendera Merah Putih. Ardelia lahir dikelahiran Tebing Tinggi pada 6 Desember 2004.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani bertugas membacakan naskah proklamasi.

 Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi pada tahun 2021 ini adalah kali kedua momen bersejarah tersebut dirayakan secara virtual dan hanya dihadiri sedikit undangan karena kondisi pandemi Covid-19.  Menyambut kemerdekaan RI, secara khusus, Jokowi menyampaikan doa dan harapan yang ia sampaikan melalui twitternya.

"Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, bisa kita capai dengan saling bergandeng tangan dalam satu tujuan. Tangguh menghadapi pandemi dan berbagai ujian, dan terus tumbuh menggapai cita-cita bangsa. Semoga rida Allah SWT senantiasa memayungi bangsa Indonesia meraih Indonesia Maju," cuit Jokowi melalui twitternya.

Selain pengibaran bendera, upacara Kemerdekaan RI ke-76 Tahun pada hari ini juga diisi dengan berbagai atraksi dan hiburan seperti atraksi Fly Pass Pesawat TNI Angkatan Udara (AU) Indonesia termasuk pesawat Sukhoi, persembahan lagu oleh Gita Bahana Nusantara secara virtual, serta pembentangan Giant Flag Merah Putih oleh helkipter TNI Angkatan Udara Indonesia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait