Jemput Bola, Jokowi Pantau Vaksinasi Covid-19 dari Pintu ke Pintu

Rizky Alika
19 Agustus 2021, 12:37
Jokowi, vaksinasi, Covid-19, gerakan 3M
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Petugas kesehatan (kanan) menyuntikkan vaksin Sinovac kepada ibu hamil di RSIA Tambak, Jakarta, Rabu (18/8/2021). Vaksinasi tersebut diadakan sekali dalam satu pekan dengan pembatasan maksimal 60 peserta guna melindungi ibu hamil dan janin dari infeksi COVID-19. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memantau vaksinasi Covid-19 dari pintu ke pintu. Program tersebut dilakukan dengan melibatkan jajaran Badan Intelijen Negara (BIN).

"Saya melihat, meninjau program vaksinasi baik untuk yang di sekolah maupun door to door yang dilaksanakan oleh BIN," kata Jokowi di Madiun, Kamis (19/8).

Mantan Wali Kota Solo itu berharap, program vaksinasi yang dilakukan oleh BIN dapat berjalan dengan baik. Jokowi ingin program vaksinasi ini tidak hanya terlaksana di Madiun, tapi juga wilayah lainnya.

Ia pun mengapresiasi upaya BIN dalam melakukan jemput bola vaksinasi dengan mendatangi kampung dan rumah masyarakat. Hal ini diharapkan dapat menekan penularan Covid-19. "Ini sebuah layanan yang sangat baik pada masyarakat yang ingin lakukan vaskinasi," ujar dia.

Sebagaimana diketahui, program vaksinasi ini merupakan bagian dari akselerasi vaksinasi 2 juta dosis per hari sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo. Vaksinasi door to door dilakukan dengan mendatangi langsung rumah warga yang belum menerima vaksin.

BIN memfokuskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 door to door pada enam provinsi di Indonesia meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Kalimantan Timur, Riau dan Sulawesi Utara dengan target 10 ribu vaksin.

Kepala BIN Budi Gunawan menilai, metode tersebut cukup efektif menjangkau rumah warga yang tinggal di daerah pelosok. Ia pun memastikan pihaknya akan terus mengadakan vaksinasi lanjutan dengan sasaran daerah zona hitam yang mengalami lonjakan kasus virus corona.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...