Tidak Hanya Memuji, Pengamat Minta Koalisi Kritik Jokowi Soal Pandemi

Rizky Alika
31 Agustus 2021, 07:14
Jokowi, koalisi, pandemi
(Agus Suparto/Istana Negara)
Pertemuan Sekjen Parpol Koalisi dengan Presiden Jokowi, Selasa (31/7/2018) di Istana Bogor.

Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, dibanjiri pujian dari para partai politik koalisi terkait penanganan pandemi Covid-19. Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin pun menilai pujian tersebut tidak akan menjadi solusi penanganan pandemi. Kritik harusnya tetap diberikan sebagi penyeimbang.

"Karena di luar sana banyak masyarakat yang tak bisa makan karena dampak pandemi, banyak masyarakat yang susah karena pandemi," kata Ujang saat dihubungi Katadata, Senin (30/8).

Komaruddin mengingatkan, semestinya, para parpol tidak hanya memuji Kepala Negara. Namun, masukan dan kritikan diperlukan untuk Jokowi.

Kritikan terkait penanganan pandemi dan vaksinasi  sempat dilontarkan para Ketua Umum Partai tetapi kritik tersebut kurang kuat. Karena itulah, pengamat menyayangkan banyaknya pujian tersebut.

Ia pun menilai, pujian, bisa jadi diucapkan lantaran para ketua umum partai juga menjabat sebagai menteri atau anak buah Jokowi. "Atau bisa puja-puji asal bapak senang," ujar dia.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Kuskridho Ambardi memperkirakan, lontaran pujian itu diberikan karena adanya penurunan kasus Covid-19.
Sebagai informasi, kasus positif Covid-19 memang menurun tajam dalam sepekan terakhir yakni sekitar 25%. Angka kematian juga terus turun dan rasio positif (positivity rate) terus melandai. Namun, sejumlah persoalan terkait penanganan pandemi masih terus berkembang di masyarakat, seperti tidak meratanya program vaksinasi antar daerah.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...