Cadangan Emas Venezuela Turun 3 Ton Dalam 6 Bulan, Dijual Demi Cash

Image title
Oleh Maesaroh
8 September 2021, 15:16
emas, Venezuela
ANTARA FOTO/REUTERS/Miraflores Palace/Handout /WSJ/dj
HIS PICTURE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. Presiden Venezuela Nicolas Maduro menghadiri parade Hari Kemerdekaan di Karakas, Venezuela, Minggu (5/7/2020). Cadangan emas Venezuela terus turun karena digunakan sebagai sumber penerimaan negara.

Cadangan emas Venezuela turun tiga ton pada semester I tahun 2021. Cadangan emas mereka terus turun karena Presiden Nicolas Maduro menjual emas tersebut untuk digunakan sebagai sumber penerimaan negara.

Dilaporkan Reuters, penjualan emas selama enam bulan terakhir bahkan membuat Venezuela kini hanya memiliki cadangan emas sebanyak 83 ton, terendah sejak 50 tahun terakhir.

Angka ini merupakan sebuah kemunduran besar mengingat Venezuela  dulu dikenal sebagai negara yang memiliki cadangan emas dalam jumlah besar . Cadangan emas negara berpenduduk 29 juta jiwa tersebut selalu berada di atas 300 ton sekitar sepuluh tahun lalu.

Tahun lalu, Venezuela juga harus merelakan 19 ton cadangan emas mereka karena penerimaan negara yang terus anjlok.
Secara nominal, cadangan emas Venezuela pada akhir Juni 2021 mencapai US$4,9 miliar. Padahal 2011 silam, cadangan emas mereka masih menembus US$14,8 miliar.

Pihak oposisi mencurigai jika batangan emas mereka sudah dikirim ke Mali dan Uni Emurat Arab untuk ditukar dengan uang tunai. 

Venezuela yang dulu dikenal negara kaya raya karena minyaknya sudah kolaps selama bertahun-tahun karena krisis ekonomi dan politik. Krisis ekonomi mereka dipicu anjloknya harga minyak pada tahun 2014 di mana harga minyak dunia turun dari US$100/barel menjadi hanya US$40/barel. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...