Maluku Menanti Investor untuk Perkuat Posisi Lumbung Ikan Nasional

Image title
Oleh Maesaroh
8 September 2021, 18:46
Nelayan melakukan bongkar muat hasil tangkapan laut di Pelabuhan Tulehu, Ambon, Maluku, Minggu (8/11/2020). Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan peningkatan ekspor perikanan sebesar USD 1,5 miliar pada 2024.
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Nelayan melakukan bongkar muat hasil tangkapan laut di Pelabuhan Tulehu, Ambon, Maluku, Minggu (8/11/2020). Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan peningkatan ekspor perikanan sebesar USD 1,5 miliar pada 2024.

Pemerintah pusat telah menginisiasi Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN) pada awal tahun lalu. Namun, Pemerintah daerah Maluku mengaku masih membutuhkan banyak investasi untuk mewujudkan diri sebagai Lumbung Ikan Nasional seperti yang diharapkan.

Sebagai bagian dari upaya perwujudan Lumbung Ikan Nasional, pemerintah akan membangun Ambon New Port. Pelabuhan baru tersebut tidak hanya akan menjadi hub ekspor bagi wilayah timur Indonesia tetapi juga mengintegrasikan industri perikanan di wilayah tersebut.

Advertisement

Provinsi Maluku sebenarnya kini sudah membangun 13 pelabuhan perikanan. Rinciannya adalah tiga unit pelabuhan nasional, tujuh unit pelabuhan pangkalan pendaratan ikan, dan tiga unitnya pelabuhan perikanan pantai.

 "Masih banyak potensi yang digarap sektor swasta karena kita masih banyak kekurangan infrastruktur. Untuk mendukung Ambon New Port dan proyek strategis nasional lumbung ikan, kita tawarkan peluang investasinya," tutur Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku Suryadi Sabirin, dalam acara Indonesia Investmen Webinar Forum (IIWF), Rabu (8/9).

Salah satu investasi yang bisa digarap pihak swasta adalah armada tangkap. Tidak hanya investor dalam negeri, pemerintah Maluku juga berharap ada investor asing yang menanamkan modal ke armada tangkap di wilayah itu.
"Kita butuh tambahan kapal ekspor kita yang berkapasitas 5 ribu GT sebanyak 30 unit. Jadi, pelabuhan akan eksis kalau ada kapal tersebut," tambahnya.

PENINJAUAN PEMBANGUNAN KAWASAN PELABUHAN TERPADU DI AMBON
PENINJAUAN PEMBANGUNAN KAWASAN PELABUHAN TERPADU DI AMBON (ANTARA FOTO/Atika Fauziyyah/aww.)



Memiliki posisi strategis di perbatasan Timor Leste, Australia, dan Papua Nugini, Maluku mempunyai potensi perikanan yang sangat besar.  Potensi hasil tangkapan perikanan di provinsi tersebut mencapai 4,7 juta ton per tahun, atau 37% dari total nasional. Potensi  terbesar adalah ikan pelagis termasuk di dalamnya ikan tuna, tongkol, cakalang, teri, dan kembung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement