PBB Janjikan Bantuan Kemanusiaan US$ 1 Miliar Untuk Afganistan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
14 September 2021, 10:10
afganistan, PBB, taliban
ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/WSJ/djo
Anggota Taliban mengarahkan senjatanya ke arah pengunjuk rasa, saat warga berdemo dan menyerukan slogan selama protes anti-Pakistan, dekat kedutaan Pakistan di Kabul, Afghanistan, Selasa (7/9/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/WSJ/djo

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah menjanjikan bantuan kemanusian sebesar US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,3 triliun untuk membantu Afganistan. Bantuan tersebut diharapkan bisa mengurangi angka kemiskinan dan kelaparan yang meningkat sejak Taliban mengambil alih kekuasaan.

“Setelah beberapa dekade perang dan penderitaan, itu mungkin saat yang paling berbahaya. Tingkat kemiskinan dan layanan publik hampir runtuh dan banyak orang bisa kehabisan makanan pada akhir bulan ini saat musim dingin mendekat,"kata Sekretaris Jenderal Antonio Guterres, dikutip dari BBC pada Selasa (14/9).

Advertisement

 PBB tengah mengadakan konferensi yang secara khusus membahas Afganistan. Konferensi yang digelar pada hari Senin (13/9) dihadiri oleh pejabat tinggi PBB serta organisasi bantuan dunia  termasuk Palang Merah dan berbagai kalangan pemerintah.

Sebelumnya, PBB telah menyerukan penggalangan dana sebesar US$ 606 juta. Hasil dari penggalangan tersebut akan digunakan untuk keperluan yang paling penting di antaranya untuk memenuhi kebutuhan warga Afganistan yang paling mendesak seperti makanan dan obat-obatan.

PBB mengatakan, sekitar sepertiga dari dana yang nantinya terkumpul akan digunakan oleh Program Pangan Dunia (WFP). WFP sebelumnya menyatakan bahwa banyak warga Afganistan tidak memiliki akses uang tunai untuk membeli makanan yang cukup.

"Kami benar-benar memohon bantuan untuk menghindari kehabisan stok makanan," kata wakil direktur regional WFP Anthea Webb.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement