KA Bandara Yogyakarta Beroperasi Komersial Besok, Ini Daftar Tarifnya

Cahya Puteri Abdi Rabbi
16 September 2021, 15:37
KA Bandara, Yogyakarta
KAI/twitter
KA Bandara Yogyakarta

Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) akan resmi beroperasi secara komersial mulai besok, Jumat (17/9). Kereta akan melayani masyarakat Yogyakarta dan wisatawan yang akan menuju Bandara Internasional Yogyakarta maupun sebaliknya.

“KA Bandara YIA akan beroperasi komersial mulai tanggal 17 September 2021, dengan tarif resmi yang telah ditetapkan Pemerintah,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri dalam keterangan resminya, Kamis (16/9).

Adapun tarif KA Bandara YIA yang berlaku mulai besok yakni, Rp 10 ribu untuk rute Yogyakarta – Bandara YIA, rute Yogyakarta – Wates sebesar Rp 10 ribu, dan Rp 20 ribu untuk rute Wates – Bandara YIA.

Sementara itu untuk jadwal perjalanan yakni sebanyak delapan kali perjalanan per hari, dengan rincian empat perjalanan dari Stasiun Yogyakarta dan empat perjalanan dari Bandara YIA.

 “Masyarakat dapat membeli tiket KA bandara ini melalui aplikasi KAI Access atau ke loket pembelian langsung di Stasiun Yogyakarta, Wates, dan Stasiun KA Bandara YIA,” kata Zulfikri.

Dengan beroperasinya KA Bandara YIA ini, masyarakat dapat menempuh waktu lebih cepat ke Bandara YIA yaitu sekitar 40 menit dari Yogyakarta, dari waktu rata-rata 1,5 jam bila menggunakan kendaraan mobil atau moda transportasi lainnya.

Operasional ini diberlakukan setelah melalui serangkaian uji coba baik statis maupun dinamis yang dilakukan oleh Ditjen Perkeretaapian, serta uji coba langsung kepada masyarakat yang dilaksanakan sejak 1 hingga 16 September 2021 dengan biaya Rp 0.

Uji coba langsung oleh masyarakat ini dilakukan untuk menjaring antusiasme dan masukan masyarakat dalam upaya peningkatan layanan KA Bandara YIA nantinya.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...