Jangan Hanya Sebatas Aplikasi, Warung Pangan Diminta Terus Berinovasi

Cahya Puteri Abdi Rabbi
16 September 2021, 16:51
aplikasi, pangan
warung pangan
Logo aplikasi warung pangan

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh PT Rajawali Nusantara Indonesia, PT BGR Logistics, dan PT Perkebunan Nusantara yang meluncurkan Warung Pangan sebagai ekosistem pangan baru yang terintegrasi.

Warung Pangan merupakan sebuah terobosan baru yang harus didukung, karena bukan hanya membantu para konsumen untuk memenuhi kebutuhan pangannya, tapi juga membantu para penjual atau pelaku usaha dan para petani.

Advertisement

“Ini juga memberikan nilai tambah kepada petani, pelaku usaha yang nilai tukar petaninya (NTP) kadang-kadang untung, banyakan ruginya. Jadi ini memberikan terobosan opsi kepada petani kita,” kata Lutfi dalam acara Launching Produk Bersama Warung Pangan secara virtual, Kamis (16/9).

 Warung Pangan merupakan aplikasi untuk membeli dan menjual ketersediaan komoditas pangan di tempat usahanya kepada masyarakat luas. Aplikasi ini diinisiasi Kementerian Koperasi dan UMKM dan dikembangkan PT BGR Logistics bekerjasama dengan BUMN Cluster Pangan serta jaringan supplier lainnya.

Aplikasi ini sebenarnya sudah diluncurkan pada 12 Agustus lalu dan kini sudah ada di tujuh kota termasuk Jakarta, Surabaya, dan Semarang.

Hingga kini diperkirakan sudah ada lebih dari 44 ribu mitra yang terhubung melalui aplkasi Warung Pangan.  Aplikasi ini menyediakan produk pangan dari daerah pemasok pangan langsung sehingga diharapkan harganya bisa lebih murah.

Peluncuran Warung Pangan sejalan dengan misi pemerintah dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi digital. Ia mengatakan, berdasarkan studi Asian Development Bank (ADB) ekonomi digital dapat mengikis kesenjangan atau gap antara yang kaya dan miskin.

Ke depannya, Warung Pangan diharapkan bisa terus melakukan inovasi teknologi agar tidak sekadar memiliki aplikasi namun juga mampu bersaing dengan platform lainnya.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement