Mobilitas Masyarakat ke Tempat Kerja Naik, Mal dan Ancol Masih Sepi

Image title
Oleh Maesaroh
22 September 2021, 15:01
mobilitas, mal,
MRT Jakarta/Twitter
Penumpang MRT mulai naik dalam sepekan terakhir

Mobilitas masyarakat ke tempat bekerja sudah mulai meningkat dalam sepekan. Namun, mobilitas menuju tempat  berbelanja belum naik signifikan meskipun pemerintah sudah memberikan sejumlah pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM ) seperti mengizinkan restoran dan bioskop buka kembali.

Data PT Kereta Api Indonesia menunjukan jumlah penumpang KA Jarak Jauh dan lokal pada periode perpanjangan PPKM yaitu 15-21 September 2021 adalah sebanyak 189.664 orang, dengan rata-rata pelanggan harian sebanyak 27.095 pelanggan.

Jumlah tersebut meningkat 8,5% jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya yakni 8-14 September 2021. Pekan lalu, total volume penumpang mencapai 174.776 pelanggan atau rata-rata 24.968 pelanggan per hari.

"KAI berkomitmen untuk memastikan seluruh pelanggan KA Jarak Jauh telah memenuhi persyaratan yang telah diatur pemerintah. Jika ada yang tidak sesuai maka dilarang naik kereta api dan tiket akan dibatalkan," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, kepada Katadata, Rabu (22/9).

Peningkatan penumpang juga terjadi di moda mass rapid transit (MRT). Moda transportasi yang menghubungkan Bundaran Hotel Indonesia-Lebak Bulus di Jakarta  itu mengangkut penumpang sebanyak 107.568 orang pada periode 15-21 September.  Artinya, dalam sepakan, rata-rata penumpang yang menggunakan MRT mencapai 15.367. 

Jumlah rata-rata penumpang MRT pada sepekan terakhir, naik drastis dibandingkan pada periode 30 Agustus-5 September yakni 11.599 atau periode 6-12 September yakni 12.386.

Kenaikan penumpang MRT merupakan salah satu indikasi naiknya mobilitas masyarakat ke tempat kerja mengingat moda tersebut menghubungkan simpul-simpul perkantoran di DKI Jakarta.

Kenaikan mobilitas juga sudah terlihat di sejumlah tempat pariwisata. Seperti dikutip dari Antara, jumlah pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, mencapai 2.000 lebih wisatawan pada akhir pekan, Sabtu atau hari kedua uji coba pembukaan kembali untuk wisata.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...