Presiden AS Joe Biden Disuntik Vaksin Booster dari Pfizer

Cahya Puteri Abdi Rabbi
28 September 2021, 09:19
vaksin, pfizer, Joe Biden
joebiden/Instagram
Presiden AS Joe Biden menerima vaksin booster Pfizer di Gedung Putih, Senin (27/9).

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menerima booster vaksin Covid-19 menggunakan Pfizer pada Senin (27/9) waktu setempat. Vaksinasi ketiga Biden dilakukan di tengah isu ketimpangan vaksin global  serta debat perlu tidaknya dosis booster.

Biden menjelaskan vaksinasi ketiga yang dia lakukan adalah upaya untuk meningkatkan minat warga AS dalam mengikuti program vaksinasi. Pasalnya, masih ada jutaan warga AS yang bahkan tak mau menerima dosis pertama vaksin.

“Suntikan penguat itu penting, tetapi hal terpenting yang perlu kita lakukan adalah membuat lebih banyak orang divaksinasi," kata Biden dikutip dari Reuters, Selasa (28/9).
Biden mendapatkan suntikan dosis pertama pada Desember tahun lalu dan dosis kedua pada Januari 2021.

Biden menerima suntikan ketiga  setelah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada pekan lalu mengizinkan dosis tambahan vaksin Pfizer Inc-BioNTech untuk orang Amerika berusia 65 ke atas.

Dosis ketiga juga diberikan kepada orang dewasa dengan kondisi medis tertentu, dan orang dewasa yang memiliki pekerjaan dengan risiko penularan Covid-19 tinggi.

Presiden ke-46 AS tersebut menepis kritikan banyak pihak bahwa Amerika Serikat seharusnya mendistribusikan lebih banyak vaksin di seluruh dunia terlebih dahulu sebelum mengizinkan booster di dalam negeri.

"Kami membantu. Kami melakukan lebih dari gabungan semua negara lain di dunia," katanya.

Meskipun tidak semua ahli setuju akan perlunya suntikan booster, Joe  Biden mengumumkan suntikan ketiga yang dia lakukan merupakan bagian dari upaya untuk menopang perlindungan terhadap varian Delta yang sangat menular.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...