Termasuk Raja Ampat, Ini 10 Calon Destinasi Wisata Bahari Premium

Cahya Puteri Abdi Rabbi
28 September 2021, 15:51
Raja Ampat, wisata
Kemenparekraf
Pesona Raja Ampat. Kementerian Kelautan dan Perikanan telah mengusulkan agar Suaka Alam Perairan (SAP) Raja Ampat menjadi wisata bahari premium.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengusulkan 10 destinasi wisata premium bahari yang masuk dalam Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN). Keberadaan wisata premium diharapkan bisa menggerakan sektor pariwisata tanpa harus merusak keasrian alamnya.

Ke-10 lokasi wisata premium tersebut adalah Taman Wisata Perairan (TWP) Kepulauan Anambas di Provinsi Kepuluan Riau,  TWP Pulau Pieh di Sumatera Barat,  TWP Kepulauan Kapoposang di Sulawesi Selatan, dan TWP Gili Matra di Nusa Tenggara Barat.

Enam lainnya adalah TWP Laut Banda di Maluku, TWP Padaido di Papua, Suaka Alam Perairan (SAP) Raja Ampat & Waigeo di Papua Barat, SAP Kepulauan Aru di Maluku, dan Taman Nasional Perairan (TNP) Laut Sawu di Nusa Tenggara Timur.

“Kami mengusulkan 10 lokasi wisata premium di KPPN. Diharapkan 10 lokasi ini bisa dijadikan lokasi wisata super super prioritas berbasis pesisir pulau-pulau kecil, utamanya wisata bahari, di bawah air” ujar Plt Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Pamuji Lestari dalam Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2021 secara virtual, Selasa (28/9).

Berdasarkan keterangan KKP, TWP Kepulauan Kapoposang memiliki potensi keanekaragaman hayati yang tinggi bila dibandingkan kawasan lain yang berada di perairan Selat Makassar. Spesies hiu ini telah lama terlihat di kawasan konservasi ini.

Sementara itu, Kepuluan Anambas memiliki 339 spesies yang hidup di sana. Di dalam kepulauan itu juga terdapat keragaman jenis karang Georgian yang hidup di kedalaman yang biasanya tidak ditemukan di ekosistem terumbu karang di lokasi lain.

Menurut KKP, TWP Padaido di Papua yang berada di Kabupaten Biak Numfor  merupakan salah satu tempat yang memilliki keragaman hayati ekosistem koral terbesar di dunia. Disana terdapat pusat rehabilitasi terumbu karang sehingga potensi wisata bahari yang ada di kepulauan tersebut dapat tertata dengan baik. 

Kepulauan Aru Laut memiliki posisi strategis sebagai daerah/habitat penyu di Indonesia. Menurut KKP,  empat spesies penyu laut (Chelonia mydas, Eretmochelys imbricata, Lepidochelys olivacea,  Caretta caretta) memiliki habitat di Kepulauan Aru. Laut Arafuru juga merupakan  rumah bagi penyu hijau di Indonesia

Pesona Pulau Anambas (kiri) dan biota laut Kapoposang

Pesona Pulau Anambas (kiri) dan biota laut Kapoposang (Wisata_anambas dan wilkertwpkapoposang/instagram)

Selain wisata premium, KKP telah lama mengembangkan desa wisata bahari.  Sebanyak 15 kabupaten/kota di Indonesia telah mendeklarasikan sebagai Dewi Bahari pada 2021.

Desa Wisata tersebut berkomitmen untuk membangun desa pesisir menjadi kawasan destinasi wisata bahari unggulan berbasis masyarakat dan kearifan lokal. Hal ini juga dilakukan sebagai kontribusi terhadap pemulihan sektor pariwisata di masa pandemi ini.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...