AS Tidak Minta Indonesia untuk Pilih Amerika atau Cina Terkait AUKUS

Image title
Oleh Maesaroh
29 September 2021, 17:20
Amerika, Aukus, Indonesia
123RF.com/Dilok Klaisataporn
Ilustrasi bendera AS dan Cina

Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Australia telah membentuk aliansi pertahanan bernama AUKUS untuk melawan dominasi Cina di kawasan Indo-Pasifik. Namun, AS menjelaskan kalau Indonesia tidak harus memilih antara AS atau Cina dalam menyikapi pembentukan AUKUS.

"Kami tidak meminta negara ASEAN manapun termasuk Indonesia untuk memilih antara kami (AUKUS) atau negara lain,"tutur Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Y. Kim, saat berbincang dengan wartawan, Rabu (29/9).

Advertisement

Kim mengatakan baik AS, Inggris, ataupun Australia sangat menghormati negara-negara ASEAN, terutama Indonesia yang memiliki peran besar di kawasan tersebut. Namun, dia tidak menampik AUKUS akan menggiatkan kerja sama dengan negara-negara ASEAN.

"Kami akan memperkuat kerja sama dengan Indonesia dan ASEAN karena kami melihat pentingnya kawasan ini. Kami akan fokus untuk menjaga perdamaian, kemakmuran, dan keberlanjutan di kawasan ini," tutur diplomat lulusan University of Pennsylvania dan Loyola University tersebut.

Sebagai negara yang paling dekat dengan kawasan ASEAN, Australia juga diyakini akan menghormati hak dan kewajibannya. Kim menegaskan pembentukan AUKUS adalah komitmen AS, Inggris, dan Australia untuk menjadikan aliansi mereka lebih erat dan efektif dalam menjaga perdamaian kawasan Indo-Pasifik.

"Kami dan Indonesia memiliki tujuan yang sama dalam kawasan ini yakni menjaga keberlanjutannya," tutur Kim.

Sebagai informasi, AUKUS dibentuk pada 15 September lalu dengan tujuan untuk berbagi teknologi canggih, termasuk infrastruktur pertahanan nuklir. Aliansi ini akan fokus pada upaya berbagi informasi di bidang artificial intelligence atau kecerdasan buatan, keamanan siber, serta infrastruktur pertahanan nuklir. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement