Fumio Kishida, Mantan Bankir yang Kini Jadi Perdana Menteri Jepang

Image title
Oleh Maesaroh
30 September 2021, 10:16
Fumio Kishida, Jepang
MOFAJapan_en/twitter
Fumio Kishida terpilih sebagai PM Jepang menggantikan PM Suga

Fumio Kishida resmi terpilih sebagai Perdana Menteri (PM) Jepang. Politikus berusia 64 tahun tersebut akan menggantikan PM Yoshihide Suga yang sudah mengumumkan pengunduran diri.

Kishida terpilih sebagai Ketua Partai Demoktrak Liberat (LDP), pada Rabu (29/9) mengalahkan Menteri Urusan Vaksin Covid-19 Taro Kono dalam persaingan ketat. Posisi Ketua Partai LDP otomatis menjadikan Kishida sebagai PM Jepang.

Dilansir dari Kyodo, politikus kelahiran 29 Juli 1957 tersebut mengalahkan Kono dalam dua putaran. Kishida memperoleh 257 dari 427 suara yang valid sementara Kono mengamankan 170 suara.

Dalam putaran pertama yang melibatkan 762 suara, Kishida unggul dengan 256 suara sementara Kono 255. Sementara itu, dua perempuan yang menjadi kandidat yakni Sanae Takaichi mendapatkan 188 dan Seiko Noda sebanyak 63.
Kishida juga pernah bertarung dalam pemilihan Ketua Partai LDP tetapi kalah dari Suga.

 "Kita masih berada dalam situasi krisis nasional. Kita harus berjuang dan melanjutkan kebijakan melawan corona. Corona sudah memecah belah hati warga jepang. Saya ingin membawa kembali semangat bekerja sama sebagai satu tim untuk membawa negara ini kelaur dari kisis,"tutur Kishida, seperti dilansir Bloomberg.

Kishida dianggap sebagai pilihan yang aman untuk membawa Jepang bangkit kembali setelah terdampak pandemi Covid-19.

Kendati kerap dianggap kurang berkharisma, jenjang karier politiknya yang panjang diharapkan bisa membantunya memenangi "hati" pemilih dalam pemilihan umum November mendatang.

Sebelumnya, Kishida berjanji memberikan paket stimulus lebih dari 30 triliun yen (Rp 3.840 triliun) untuk membawa Jepang bangkit dari pandemi. Penggemar baseball itu juga akan meminta Bank of Japan (BOJ) mempertahankan target inflasi 2% dan program stimulus besar-besaran.

 Kishida juga berkomitmen untuk membereskan persoalan ketidakadilan pendapatan serta menyingkirkan ekonomi neo-liberal yang menguasai Jepang dalam dua dekade terakhir.

Lahir di Shibuya, Tokyo, Kishida mengawali kariernya justru sebagai bankir. Lulus dari Sekolah Hukum Waseda University di tahun 1982, dia bergabung di Long-Term Credit Bank of Japan, Ltd pada 1983. Pada tahun 1987, dia bekerja sebagai sekretaris salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Jepang.

Mengikuti jejak keluarganya, Kishida mulai berkecimpung di dunia politik pada 1993. Dia mengikuti pemilihan umum pada tahun tersebut dan terpilih sebagai salah satu anggota parlemen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...