KemenPUPR Rehabilitasi Irigasi Rentang, Manfaat Dinikmati 3 Kabupaten

Cahya Puteri Abdi Rabbi
30 September 2021, 10:55
KemenPUPR, irigasi
KemenPUPR
Jaringan irigasi Rentang di Provinsi Jawa Barat

Sebagai upaya meningkatkan produktivitas pangan nasional guna mencapai ketahanan pangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melanjutkan rehabilitasi jaringan irigasi Rentang, Jawa Barat.

Rehabilitasi irigasi Rentang merupakan salah satu pekerjaan skala besar yang dilakukan oleh Kementerian PUPR. Rehabilitasi dilakukan dengan memodernisasi jaringan irigasi mengairi areal pertanian seluas 87.840 hektare tersebut.

Irigasi Rentang  menjadi sumber air untuk sektor pertanian bagi tiga kabupaten yakni Kabupaten Majalengka seluas 1.094 hektare. Juga Kabupaten Cirebon seluas 20.571 hektare dan di Kabupaten Indramayu seluas 66.175 hektare dengan memanfaatkan debit Sungai Cimanuk yang besar.

 "Rehabilitasi Irigasi Rentang diharapkan akan meningkatkan intensitas penanaman (IP) dari 130% menjadi 250%,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resminya, Rabu (29/9).

Sementara Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung Ismail Widadi mengatakan, modernisasi Irigasi Rentang dilakukan karena usia sistem irigasi tersebut sudah puluhan tahun sehingga kinerja pelayanan airnya berkurang.

Dalam moderenisasi Jaringan Irigasi Rentang dilakukan lima pilar yang disentuh yaitu pilar pertama, memastikan ketersediaan debit air dari Bendungan Jatigede sehingga air konsisten sesuai rencana. Kedua, perbaikan sarana prasarana irigasi dan bangunan. 

Selanjutnya, pilar ketiga yaitu penyempurnaan sistem pengelolaan irigasi sesuai ketersediaan air dan pola tanam. Kemudian pilar keempat, penguatan institusi kelembagaan melalui sinergisitas tugas dan koordinasi.
Baca Juga

Terakhir pilar kelima yaitu, pemberdayaan sumber daya manusianya yaitu para petani harus memiliki pengetahuan yang baik. 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...