Penumpang MRT Naik 107% di September, Kini Ada Troli Sepeda Non-Lipat

Image title
Oleh Maesaroh
30 September 2021, 15:35
Penumpang MRT, MRT, Jakarta
MRT Jakarta/Twitter
Penumpang MRT mulai naik drastis di bulan September

Jumlah pengguna moda mass rapid transit (MRT) pada bulan September naik drastis seiring dengan pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta.

Data MRT menyebutkan pada periode 1-27 September, jumlah penumpang MRT mencapai  383.885 orang, naik 107% dibandingkan bulan Agustus yang tercatat sebesar 185.647 orang.

"Di Agustus setengah nya memang masih kena (PPKM) tapi sudah naik di bulan September, ini kondisi yang menggembirakan. Kita berharap kondisi Covid-19 bisa terkendali sehingga angka penumpang akan naik,"tutur Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar, saat berbincang dengan wartawan, Kamis (30/9).

Rata-rata harian penumpang MRT pada bulan September adalah 14.218 orang, naik 137% dibandingkan Agustus yang hanya 5.989 orang.

Seperti diketahui, pemerintah memberikan sejumlah pelonggaran pada penerapan PPKM di wilayah yang masuk Level 3 di bulan September.

Di antaranya adalah mengizinkan kembali bioskop untuk buka, memperbolehkan tempat wisata dibuka untuk umum, serta mengizinkan kantor non-esensial untuk melakukan kegiatan bekerja dengan kapasitas 25%.

Sepanjang tahun ini MRT sudah mengangkut penumpang sebanyak 4,4 juta dengan rata-rata penumpang adalah 16.312 orang per hari.

 Data MRT menunjukan mereka terimbas besar oleh penerapan PPKM Darurat dan PPKM Level 4 pada periode Juli. Pada bulan Juli, penumpang MRT hanya mencapai 134.053 orang atau rata-rata hanya  4.324 orang per hari, terendah sejak Januari.

Angka penumpang tertinggi pada tahun ini tercatat pada bulan April yakni 710.803 orang, atau rata-rata 23.693 orang per hari. April merupakan periode di mana Indonesia belum memasuki gelombang II Covid-19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...