Pemerintah Targetkan 1.500 UKM Berorientasi Ekspor Lahir Tiap Tahun

Pemerintah terus mendorong dan mendukung pemanfaatan platform digital untuk meningkatkan penetrasi pasar produk-produk UKM guna mendorong kinerja ekspor.
Image title
1 Oktober 2021, 13:49
UMKM, ekspor
ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Pekerja menyelesaikan proses rempah-rempah menjadi bumbu dapur kering di UMKM Edelweis, Madiun Jawa Timur. Produk bumbu dan rempah kering mereka telah dijual di berbagai pasar daring termasuk mini market dan super market di sejumlah kota besar di Indonesia, serta melakukan ekspor skala kecil ke Singapura.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mendorong peningkatan jumlah usaha kecil dan menengah (UKM) yang berorientasi ekspor. Kemendag menargetkan dapat menciptakan sebanyak 1.500 UKM eksportir setiap tahunnya.

Koordinator Wilayah Amerika dan Eropa Direktorat Jenderal Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag  Singgih Sugiyanto mengatakan, pemerintah terus mendorong dan mendukung pemanfaatan platform digital untuk meningkatkan penetrasi pasar produk-produk UKM guna mendorong kinerja ekspor nasional.

“Kami siap mendukung segala upaya untuk mendorong UKM ekspor, melalui kerja sama dengan berbagai marketplace, kita harapkan jumlah UKM ekspor akan semakin meningkat,” kata Singgih dalam diskusi virtual, Jumat (1/10).

Singgih menyebut, kontribusi ekonomi digital pada terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia tahun 2020 sebesar Rp 632 triliun atau 4% dari PDB.

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi digital sebesar 8 kali lipat dari Rp 632 triliun menjadi Rp 4.531 triliun pada 2030.

 “Ekonomi digital Indonesia memang masih kecil kontribusinya, namun pertumbuhannya pesat dan sangat potensial. Kami berfokus untuk meningkatkan kontibusi UKM dalam kegiatan ekspor, sekaligus meningkatkan jumlah UKM yang akan melakukan ekspor,” kata dia.

Sebelumnya, pemerintah sendiri memiliki target 30 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) onboarding pada tahun 2023.

Pada pertengahan Agustus 2021, sebanyak 15 juta UMKM atau lebih dari 22% dari total UMKM Indonesia sudah on boarding ke platform perdagangan elektronik.

Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong para pelaku UMKM harus bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital.

Para pelaku UMKM didorong untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca dan menganalisa tren pasar, jeli dalam melihat peluang baru di dalam negeri maupun pasar global, serta terus menciptakan terobosan produk dan teknologi inovasi baru.

 Selain itu, pelaku UMKM juga harus mampu melakukan kolaborasi dan inovasi. Kolaborasi yang sinergis antara seluruh pemangku kepentingan yaitu pemerintah, pihak swasta, asosiasi, lembaga perbankan dapat membantu untuk mewujudkan UMKM yang tangguh, cakap dan berdaya saing di pasar global.

Dalam upaya membangkitkan ekonomi para pelaku UMKM, pemerintah juga meluncurkan kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diharapkan dapat memicu kinerja sektor perdagangan dan membantu pemulihan ekonomi nasional.  

 Terkait hal yang sama, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/ Indonesia Eximbank juga melakukan pelatihan Coaching Program for New Exporter (CPNE),  pada 28-29 September 2021, di Sulawesi Utara.

Pelatihan ini diikuti pelaku UKM yang  bergerak di sektor industri makanan dan minuman, hasil perkebunan dan hasil laut. Sektor-sektor tersebut merupakan sektor potensial yang ingin didorong Pemerintah Sulawesi Utara untuk menjadi komoditas unggulan ekspor.

Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki letak geografis strategis di kawasan Indonesia bagian timur serta sumber daya alam yang melimpah, menjadi hub atau pintu ekspor bagi produk-produk pelaku UKM Indonesia Timur untuk masuk ke pasar internasional.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait