Paviliun RI Tarik 11 Ribu Pengunjung Expo Dubai, Video Jadi Daya Tarik

Cahya Puteri Abdi Rabbi
7 Oktober 2021, 13:52
Dubai, Expo Dubai, Indonesia
https://www.expo2020dubai.com
Ilustrasi paviliun Indonesia di Expo Dubai 2020

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan paviliun Indonesia di Expo Dubai 2020 berhasil menarik hampir 11 ribu pengunjung sejak diresmikan pada 1 Oktober 2021 lalu.

“Per tanggal 5 Oktober pengunjung yang datang sudah hampir 11 ribu, dan bisa dipastikan ini akan semakin meningkat mengingat durasi expo ini yang sampai enam bulan,” kata Jerry dalam diskusi virtual, Kamis (7/10).

Paviliun Indonesia bertemakan ‘Creating the Future, From Indonesia to the World’ yang menampilkan sivilisasi Indonesia di tiga zona waktu ‘Yesterday, Today, and Tomorrow’.

Selain itu, paviliun Indonesia juga merepresentasikan keragaman budaya melalui produk-produk dan destinasi wisata yang ada di Indonesia.

 Keragaman budaya inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung pameran. Salah satu daya tarik yang ditawarkan adalah video yang menampilkan potensi dan kekayaan alam Indonesia di dalam ruang teater.

“Paviliun Indonesia di sana sangat menunjukkan citra kita sebagai bangsa yang memiliki kekayaan budaya dan sumber daya alam yang luar biasa. Kita juga bukan hanya menekankan promosi produk seperti kerajinan dan kuliner, namun juga kita gencarkan promosi destinas-destinasi pariwisata,” katanya.

mendag
Menteri Perdagangan M. Lutfi  (tengah) meonton video mengenai alam Indonesia di paviiun Indonesia di Expo Dubai (Kementerian Perdagangan)



Pada pameran yang akan berlangsung hingga 31 Maret 2022 mendatang ini, Indonesia tidak hanya mempromosikan produk-produk unggulan seperti rempah, kerajinan, dan kuliner.

Indonesia juga mendorong ekspor untuk produk-produk digital seperti gim online. Hal ini dikarenakan industri gim online lokal memiliki potensi yang besar.

Potensi industri gim di Indonesia mencapai US$ 2 miliar atau setara Rp 28,5 triliun. Oleh karena itu, Jerry menyebut, promosi untuk produk digital gim online juga menjadi salah satu prioritas dalam Expo Dubai 2020.

Ia berharap produk gim online dalam negeri dapat menjadi salah satu produk ekspor dengan kontribusi besar seperti di Korea Selatan. Ia mengatakan, pada tahun 2020, nilai ekspor produk gim online Korea ke dunia mencapai US$ 6,6 juta.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...