Selain Ekonomi, Kemitraan ASEAN - Korsel Bidik Tujuh Tujuan Strategis

Cahya Puteri Abdi Rabbi
7 Oktober 2021, 18:03
ASEAN, Korsel, Korea Selatan
ASEAN/twitter
Bendera ASEAN

Kemitraan negara-negara ASEAN dengan Korea Selatan tidak hanya didasarkan pada prinsip mencari keuntungan semata. Kemitraan strategis tersebut juga harus menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan berkontribusi ke masyarakat.

Direktur Jenderal Urusan Ekonomi Bilateral Kementerian Luar Negeri Republik Korea Miyon Lee mengatakan di luar keuntungan ekonomi, kemitraan ASEAN-Korea Selatan akan didasarkan pada tujuh tujuan strategis.

Adapun tujuh tujuan strategis kerja sama Republik Korea dengan ASEAN di antaranya, mengenai penganggulangan pandemi Covid-19, pengembangan pendidikan, mempromosikan pertukaran budaya, membangun pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, mengembangkan infrastruktur, mengembangkan industri, dan menjawab tantangan perubahan iklim.

Ekonomi berkelanjutan menekankan tanggung jawab perusahaan-perusahaan Korea Selatan kepada masyarakat lokal.

Juga,  perluasan kontribusi perusahaan tersebut kepada masyarakat lokal di masing-masing negara ASEAN.

“Pemerintah Korea berharap perusahaan kami untuk tidak hanya menghasilkan keuntungan bisnis, tetapi juga memberikan kontribusi kepada masyarakat setempat dan menunjukkan model bisnis untuk pertumbuhan bersama,” kata Miyon Lee dalam ASEAN-Republic of Korea CSR Forum, Kamis (7/10).

 Salah satu bentuk dari pertumbuhan ekonomi berkelanjutan tersebut adalah keputusan Korea Selatan untuk terus menambah program pelatihan dan bea siswa masyarakat ASEAN ke negara mereka. 

Seperti diketahui, Korea Selatan dan negara ASEAN telah menandatangani kerja sama perdagangan bebas sejak 2005 silam.

Direktur Jenderal Urusan Ekonomi Bilateral Kementerian Luar Negeri Republik Korea Miyon Lee mengatakan, total perdagangan antara Korea Selatan dengan ASEAN pada 2020 tercatat sebesar US$ 143,8 miliar.

Sementara itu, pada tahun yang sama, total investasi Korea Selatan ke ASEAN sebesar US$ 9,2 miliar.

Capaian tersebut menjadikan ASEAN yang beranggotakan Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam menjadi mitra dagang terbesar Korea Selatan dan tujuan investasi terbesar kedua setelah Amerika Serikat (AS).

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...