Pembangunan Pelabuhan Ambon Baru Dimulai Desember Tahun Ini

Image title
Oleh Maesaroh
7 Oktober 2021, 19:04
Ambon, pelabuhan, Maluku
Kemenko Marves
Pelabuhan Ambon Baru

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan Pelabuhan Ambon Baru di Provinsi Maluku ditargetkan sudah dimulai pada akhir Desember 2021 atau paling lambat Januari tahun depan. Nilai investasinya mencapai Rp 5 triliun.

Anggaran pembangunan infrastruktur dasar pelabuhan Ambon baru akan diambil dari APBN. 

Sementara itu, untuk pengembangan pelabuhan selanjutnya, akan dilakukan kerjasama pengelolaan Pelabuhan Ambon Baru antara Pelindo IV dengan pihak swasta melalui skema Kerjasama  Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau pendanaan kreatif non APBN.

Skema investasi pelabuhan akan menggunakan skema kerja KPBU mencapai Rp 5 triliun.

 “Berbagai upaya telah dilakukan. Salah satunya yaitu kami telah melakukan realokasi anggaran pembiayaan pembebasan lahan guna pembangunan awal Pelabuhan Ambon Baru ini,” jelas Budi Karya pada rapat progres rencana pembanguna pelabuhan Ambon Baru di Ambon, Maluku, dalam siaran pers, Kamis (7/10).

Juga hadir dalam rapat tersebut di antaranya Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan pejabat setempat.

Pembangunan pelabuhan baru di Ambon sangat diperlukan mengingat lokasi Pelabuhan Ambon eksisting berada di daerah pusat perdagangan, pemukiman dan fasilitas umum perkotaan lainnya.

Kondisi itu membuat pelabuhan ekisting sudah sulit untuk dikembangkan karena area lahan yang terbatas.

Pelabuhan eksisting juga sulit dikembangkan karena menghadapi sejumlah kendala. Di antaranya adalah pelabuhan cargo dan petikemas eksisting akan mencapai kapasitas maksimum dalam 10-15 tahun.

Juga, Teluk Ambon sebagai akses pelayaran keluar dan menuju pelabuhan sangat padat, serta pelabuhan perikanan eksisting yang telah mencapai kapasitas maksimum.

 “Dengan adanya kondisi tersebut, maka diperlukan pembangunan Pelabuhan Ambon Terpadu sebagai pusat pertumbuhan industri pengolahan ikan dan konsolidasi kargo dari wilayah Indonesia Timur,” kata Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II tersebut.

Pelabuhan Ambon Baru akan didorong sebagai penghubung antara Indonesia dan Australia khususnya konektivitas langsung dari Maluku ke Australia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...