Mulai Hari Ini Malaysia Buka Perbatasan dan Izinkan Warga Bepergian

Cahya Puteri Abdi Rabbi
11 Oktober 2021, 08:05
Malaysia, perbataan, Covid-19, pandemi, vaksinasi
ANTARA FOTO/ Rafiuddin Abdul Rahman/foc.
Seorang warga mengenakan pakaian Spiderman dengan bendera Jalur Gemilang untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Malaysia di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (31/8/2021). Malaysia merayakan HUT ke-64 dengan tema "Malaysia Prihatin". ANTARA FOTO/ Rafiuddin Abdul Rahman/foc.

Mulai hari ini,  Senin (11/10), Malaysia akan membuka perbatasan mereka buat warga negara asing sekaligus mengizinkan warga mereka untuk bepergian dalam perjalanan domestik dan internasional

Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengatakan pembukaan perbatasan ini dilakukan setelah angka capaian vaksinasi bagi populasi dewasa di negara tersebut mencapai 90%.

Malaysia telah melarang warganya untuk melakukan perjalanan domestik antar negara  bagian sejak awal Januari menyusul tingginya kasus Covid-19.

Dilansir dari Channel News Asia, Yaakob mengatakan, bagi warga Malaysia yang sudah divaksinasi penuh akan diizinkan bepergian ke luar negeri tanpa harus mengajukan permohonan skema My Travel Pass.

“Menurut Kementerian Kesehatan, tingkat vaksinasi untuk populasi orang dewasa di bawah Rencana Imunisasi Nasional (PICK) Covid-19 telah mencapai 90%. Oleh karena itu, pemerintah telah setuju untuk mengizinkan (mereka) yang telah divaksinasi lengkap untuk bepergian ke luar negeri tanpa harus mengajukan izin,” kata Yaakob dikutip dari Channel News Asia, Senin (11/10).

Menyusul keputusan tersebut, warga Malaysia yang telah divaksinasi lengkap bebas melakukan perjalanan melintasi batas negara, termasuk untuk kembali ke kampung halaman masing-masing, baik untuk bertemu dengan keluarga maupun untuk tujuan wisata.

Dia juga mengingatkan warga Malaysia untuk tidak berpuas diri dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, ia tetap mengimbau warga untuk melakukan tes Covid-19 sendiri sebelum memulai perjalanan.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...