Covid-19 di RI Terus Melandai, Luhut Sebut Berkat Kepemimpinan Jokowi

Cahya Puteri Abdi Rabbi
12 Oktober 2021, 18:47
Covid-19, Luhut, Jokowi
Kemenko Marves
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan menghadiri Peresmian Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kaltim, Selasa (12/10)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, keberhasilan penanganan Covid-19 tidak terlepas dari kepemimpinan Presiden Joko Widodo, atau Jokowi.

Menurutnya, kepemimpinan Jokowi tanggap dan mampu memimpin pengendalian kasus Covid-19, terutama saat puncak lonjakan kasus terjadi Juli lalu.

“Saya waktu diperintahkan Presiden akhir Juni untuk penanganan varian Delta, keadaanya betul-betul mencekam karena seperti tidak terkendali dan banyak negara yang pesimis begitu pun di dalam negeri sendiri,” kata Luhut dalam Grand Launching Gerakan Bangga Buatan Indonesia Kalimantan Timur di Samarinda, Selasa (12/10).

Luhut menjabat sebagai koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat  untuk wilayah Jawa dan Bali.

Dengan jabatan tersebut, Luhut diharapkan dapat mengendalikan gelombang kedua Covid-19 dan menurunkan angka kasus aktif yang sedang melonjak pada saat itu.

 Pada 15 Juli lalu atau saat puncak pandemi, tercatat ada 56.757 kasus konfirmasi positif harian Covid-19. Angka tersebut merupakan rekor tertinggi selama pandemi.

Pada hari yang sama, tercatat sebanyak 19.049 kasus sembuh dan 982 kasus meninggal.

Kasus Covid-19 terus turun setelah Agustus.  Pada Selasa (12/10), Indonesia melaporkan tambahan kasus sebanyak 1.261 dengan angka kematian mencapai 47 jiwa.

"Kita bersyukur pada Tuhan dalam waktu tiga minggu setelah puncak, itu melandai sangat cepat, kenapa bisa? Semua karena kerja sama, semua kerja tim, tidak boleh ada yang mengeklaim itu karena dia. Tapi itu leadership yang kuat dari Presiden,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...