Moderna Tak Penuhi Kriteria Sebagai Vaksin Booster, Dua Dosis Cukup

Cahya Puteri Abdi Rabbi
13 Oktober 2021, 09:06
Moderna, vaksin, Amerika Serikat, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Vaksin Covid 19 Moderna

Para ilmuwan di Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa vaksin Moderna tidak memenuhi kriteria badan tersebut untuk dijadikan sebagai suntikan penguat atau booster.

Hal itu dikarenakan dua dosis pertama vaksin  Moderna dinilai sudah cukup kuat untuk melawan Covid-19.

Dilansir dari Reuters, salah satu pegawai FDA mengatakan, bahwa data untuk vaksin Moderna menunjukkan suntikan booster memang meningkatkan antibodi pelindung.

Namun perbedaan tingkat antibodi sebelum dan sesudah suntikan booster tidak cukup tinggi, terutama pada mereka yang kadar antibodinya sangat tinggi.

FDA biasanya mengikuti saran para ahli di badan tersebut, namun tidak diharuskan untuk melakukan saran-saran para ahlinya.

Panel penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS akan mengadakan pertemuan minggu depan untuk membahas rekomendasi spesifik tentang siapa yang diizinkan untuk  mendapat suntikan booster.

"Ada peningkatan (antibodi), tentu saja. Apakah itu cukup untuk meningkatkan? Tidak ada jumlah standar peningkatan yang dibutuhkan, dan juga tidak jelas berapa banyak peningkatan yang terjadi dalam penelitian ini," kata Profesor mikrobiologi dan imunologi di Weill Cornell Medical College di New York, John Moore dikutip dari Reuters, Rabu (13/10).

Moderna sedang mengejar izin untuk penggunaan dosis booster 50 mikrogram.

Jumlah tersebut merupakan setengah dari kekuatan vaksin asli yang diberikan dalam dua suntikan dengan jarak sekitar empat minggu.

Perusahaan tersebut telah meminta regulator untuk menghapus suntikan dosis ketiga untuk orang dewasa berusia 65 tahun ke atas, serta untuk individu dengan risiko tinggi.

Persetujuan untuk booster sudah diperoleh saingannya Pfizer Inc (PFE.N) dan mitra Jerman BioNTech untuk vaksin mRNA mereka.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...