Termasuk Hotel Mewah di Nusa Dua, Ini 35 Hotel Karantina Turis di Bali

Cahya Puteri Abdi Rabbi
13 Oktober 2021, 16:19
Hotel, Bali, turis
Kemenparekraf
Jejeran hotel mewah di kawasan Nusa Dua, Bali. Ada lebih dari 10 hotel di kawasan Nusa Dua yang akan dijadikan karantina turis asing

Bali akan kembali dibuka bagi wisatawan mancanegara mulai besok (14/10). Meski demikian, para wisatawan yang datang diwajibkan untuk menjalani karantina selama lima hari di hotel-hotel yang sudah ditentukan.

Pemerintah daerah Bali sudah menyiapkan 35 hotel karantina yang tersebar di zona hijau Bali yang mencakup kawasan Sanur, Ubud, dan Nusa Dua.

Termasuk hotel yang disiapkan adalah jejeran hotel mewah dan kelas atas di kawasan Nusa Dua, seperti Nusa Dua Beach Hotel, The Westin Nusa Dua, dan Courtyard by Marriot Nusa Dua.

“Sampai sekarang kami sudah menyiapkan 35 hotel. Hotel-hotel tersebut sudah tersertifikasi CHSE dan mempunyai akses tersendiri untuk tamu reguler dan tamu yang akan melakukan karantina. Selain itu, hotel karantina harus mempunyai kesepakatan dengan rumah sakit terdekat,” kata Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dalam diskusi virtual, Rabu (13/10).

Meski demikian, Cok Ace mengatakan, bahwa akan ada keputusan lebih lanjut mengenai apakah hotel karantina diperbolehkan menerima tamu reguler atau khusus untuk melayani wisatawan yang menjalani karantina.

 Sebelumnya, setiap hotel terdiri dari dua bagian yang diperuntukkan bagi wisatawan yang sedang menjalani karantina dan tamu reguler dengan pintu masuk yang berbeda.

“Jika 35 hotel tersebut masih kurang, sesungguhnya masih ada 55 hotel lagi yang sudah mengajukan diri dan siap untuk dijadikan hotel karantina. Kami masih menjaring di kawasan mana saja yang memungkinkan untuk penempatan hotel karantina,” kata dia.

Saat ini sudah ada 9.322 sarana pariwisata yang terdaftar aplikasi PeduliLindungi. Dari 9.322 sarana tersebut, terdiri dari 737 hotel, 241 restoran, 125 destinasi wisata, dan 92 pusat perbelanjaan.

Sebelumnya, pelaku usaha hotel dan restoran menyambut baik kebijakan pemerintah yang akan membuka kembali Bali untuk wisatawan mancanegara.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...