Wae Kelambu Jadi Port Logistik Pertama NTT, Jokowi Kagumi Kemegahannya

Rizky Alika
14 Oktober 2021, 12:11
Jokowi, pelabuhan, Labuan Bajo
ANTARA FOTO/Dok BKIP Kemenhub/wsj.
Foto udara proyek pembangunan Pelabuhan Multipurpose Wae Kelambu di Labuan Bajo, NTT, Selasa (10/11/2020).

Presiden Joko Widodo, Jokowi, meresmikan Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Kamis (14/10). Saat meresmikan, Kepala Negara mengaku tidak menyangka pelabuhan tersebut berukuran sangat besar.

Jokowi mengira, pelabuhan tersebut akan berukuran setara dengan Pelabuhan Labuan Bajo yang telah didirikan terlebih dahulu.

"Saya tidak bayangin bahwa pelabuhan yang baru sangat besar sekali. Pikiran saya, sama seperti yang lama," kata Jokowi di Teminal Multipurpose Wae Kelambu, Nusa Tenggara Timur, Kamis (14/10).

Ia berharap, pelabuhan tersebut bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama, yaitu hingga 15-20 tahun mendatang. 

Pelabuhan tersebut menjadi pelabuhan logistik pertama yang dimiliki Provinsi Nusa Tenggara Timur dan diharapkan bisa mengangkut logistik terutama di dan menuju wilayah Manggarai Barat.

Mantan Wali Kota Solo itu juga mengatakan, pelabuhan tersebut dibangun dalam waktu cepat.

"Di bulan Agustus 2020 dimulai kemudian hari ini bisa kita selesaikan," ujarnya.

 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pelabuhan tersebut dibangun sesuai arahan Presiden Jokowi. Sebelumnya, Jokowi meminta pelabuhan kontainer di Labuan Bajo untuk dipindahkan.

Seperti diketahui, Labuan Bajo tetap ditetapkan destinasi wisata super prioritas. Karena itulah, perlu dilakukan pembenahan kawasan wisata Labuan Bajo.

Pembenahan yang dilakukan yaitu dengan memisahkan Pelabuhan Labuan Bajo yang sebelumnya masih bercampur antara pelayanan kapal penumpang dan kegiatan logistik.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...