PeduliLindungi Akan Terintegrasi Dengan Aplikasi Milik Kuwait-UEA

Cahya Puteri Abdi Rabbi
14 Oktober 2021, 16:15
PeduliLindungi, UEA, Kuwait
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.
Warga memindai kode batang sertifikat vaksin COVID-19 menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat berkunjung di Pantai Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (30/9/2021)

Kementerian Kesehatan berupaya untuk mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan aplikasi testing dan tracing dari negara lain, seperti Kuwait, Arab Saudi dan negara asal wisatawan mancangera yang berkunjung.

Langkah tersebut diambil seiring dengan dibukanya kembali Bali untuk wisatawan mancanegara dan diiizinkannya kembali jamaah asal Indonesia untuk melaksanakan ibadah umrah,

Hal ini dilakukan agar data sertifikat vaksin maupun hasil tes Covid-19 dapat dibaca oleh otoritas di negara masing-masing melalui aplikasi yang sudah terintegrasi.

Hal itu juga akan memastikan bahwa wisman yang berkunjung ke Indonesia dan masyarakat Indonesia yang bepergian ke luar negeri sudah memenuhi syarat vaksinasi dan negative Covid-19.

“Jadi kita melakukan integrasi dengan beberapa aplikasi internasional, seperti pesiapan umrah haji dengan aplikasi tawakkalna, kemudian juga dengan Kuwait, Abu Dhabi, dan Uni Emirat Arab," kata Kepala Transformasi Digital Kementerian Kesehatan Setiaji dalam diskusi virtual, Kamis (14/10).

"Sementara  dengan Turki sudah ada mutual recognition, sehingga standarisasi internasional akan diterapkan bagi masyarakat dari kedua negara dan bisa saling menerima standarisasi sertifikat vaksin dan hasil tes,” tambahnya.

 Sebagai informasi, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama telah membahas skema akses data jemaah umrah pada aplikasi PeduliLindungi, agar dapat dibaca oleh otoritas Pemerintah Kerajaan Arab Saudi saat penyelenggaraan ibadah umrah nanti.

Selain itu, Setiaji mengatakan, aplikasi PeduliLindungi juga nantinya akan dikembangkan untuk memantau sistem karantina wisatawan mancanegara.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...