Forum Indonesia-Amerika Latin dan Karibia Sukses Catat Deal Rp1,25 T

Image title
Oleh Maesaroh
15 Oktober 2021, 16:11
Indonesia, amerika latin, INA-LAc 2021
Kementerian Luar Negeri
Forum Bisnis Indonesia –Amerika Latin dan Karibia (INA-LAC) 2021 digelar pada 14-15 Oktober 2021 secara virtual.

Forum Bisnis Indonesia –Amerika Latin dan Karibia (INA-LAC) 2021 mampu mencatatkan kesepakatan senilai US$88 juta atau sekitar Rp1,25 triiliun. Angka ini lebih tinggi dibandingkan yang dicatatkan pada tahun lalu (US$71,02 juta).

Ini adalah kali kedua forum bisnis INA-LAC 2021  diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19 dan melalui pertemuan virtual. Forum yang diselenggarakan pada 14--15 Oktober tersebut  dihadiri 2.745 peserta secara virtual.

Salah satu kesepakatan yang ditandatangani dalam forum INA-LAC 2021 adalah perjanjian kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) antara Kementerian Agama RI dengan pemerintah Argentina. 

Sebagai informasi,  terdapat 33 negara yang masuk dalam wilayah Amerika Latin-Karibia (Amlatkar).  Brasil, Argentina, dan Meksiko merupakan tiga negara terbesar di kawasan tersebut.

Pada tahun 2020, nilai ekspor Indonesia ke Amlatkar senilai US$ 3,16 mililar sementara impornya sebesar US$ 5,1 miliar.

Nilai ekspor tersebut diperkirakan meningkat pada tahun ini.  Pada Januari-Agustus, nilai ekspor Indonesia ke kawasan tersebut sudah menyentuh US$1,7 miliar atau naik 54,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki perjanjian perdagangan dengan Chile, dan sedang menjajaki dengan beberapa negara dan organisasi regional di Amlatkar.

 Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri I Gede Ngurah Swajaya mengatakan peningkatan ekspor ke kawasan Amerika latin-Karibia masih terbuka lebar.

Pasalnya, banyak produk unggulan Indonesia yang diminati kawasan tersebut, seperti produk otomotif, makanan olahan, alas kaki, minyak sawit, tekstil hingga pakaian jadi.

"Kita juga akan membantu menembus pasar produk kesehatan. Tentu kita juga ingin terus mendiversifikasi produk lain di luar yang unggulan seperti produk olahan, " tutur I Gede Ngurah dalam konferensi pers hari ini, Jumat (15/10). 

Dia juga menyebutkan Indonesia akan meningkatkan ekspor produk furnitur ke Brasil menyusul disepakatinya kerja sama antara perusahaan kedua negara.

"Ada perusahan Brasil yang mau bangun hotel dan mereka minta semua furniturnya dari Indonesia semua. Ini akan memperbesar network,"ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...