AS Tempatkan Singapura sebagai Negara dengan Risiko Covid-19 Tertinggi

Cahya Puteri Abdi Rabbi
19 Oktober 2021, 16:26
Covid-19, AS, Singapura
Pixabay/Graham Hobster
Ilustrasi Singapura

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) memperingatkan warganya untuk tidak bepergian ke Singapura. Peringatan tersebut dikeluarkan setelah CDC memasukan Singapura sebagai negara dengan  level empat, atau memiliki risiko Covid-19 sangat tinggi.

Sebelumnya, CDC memasukan Singapura ke dalam level tiga (risiko tinggi). Level empat merupakan yang tertinggi dalam kategori CDC, di atas level tiga (tinggi), dua (moderat), dan satu (rendah). Negara lain yang juga masuk kategori level empat yakni Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Dalam hal ini, Indonesia bersama Korea Selatan, Australia, Jepang, dan Vietnam masuk kategori level tiga.

Larangan bepergian dari pemerintah AS hanya terjadi setelah Singapura (9/10) mengumumkan akan mencabut pembatasan karantina bagi turis asal AS yang sudah divaksinasi mulai hari ini (19/10).

Menurut data Universitas Johns Hopkins, Singapura memiliki rekor tertinggi hingga 70.374 kasus Covid-19 dalam 28 hari terakhir. Sementara itu, lebih dari 82 % penduduk Singapura telah divaksinasi lengkap.

"Karena situasi saat ini di Singapura, bahkan turis yang divaksinasi lengkap pun berisiko terkena dan menyebarkan varian Covid-19," kata CDC, dikutip Channel News Asia, Selasa (19/10).

Kalaupun terpaksa melakukan perjalanan ke Singapura, Amerika Serikat meminta warganya sudah harus menerima vaksinasi lengkap dan mengikuti rekomendasi pemerintah setempat seperi memakai masker dan menjaga jarak.

Dilansir dari USA Today, Departemen Luar Negeri AS pada hari Senin (18/10) juga mendesak warga Amerika untuk mempertimbangkan kembali perjalanan ke Polandia, Hongaria, Siprus, Tunisia dan Angola karena daerah-daerah tersebut mengalami peningkatan risiko penularan Covid-19.

CDC menerpakan tingkat risiko perjalanan akibat Covid-19  dengan menggunakan empat level kategori. Beberapa indikator penentu level tadi yakni jumlah kasus Covid-19 di sebuah negara dalam beberapa hari terakhir dan pelacakan kasus baru virus.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...