Industri Halal-Fashion Muslim Mendapat Perhatian Khusus di TEI 2021

Cahya Puteri Abdi Rabbi
21 Oktober 2021, 14:30
halal, fashion, fashion muslim, TEI 2021
Kemenparekraf
Fashion show busana muslim. Indonesia berada di peringkat ke-tiga untuk sektor busana dan mode halal di dunia setelah Arab Saudi dan Turki.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan, Indonesia siap menjadi pusat industri halal dan kiblat fashion muslim dunia di masa yang akan datang. Terlebih, pangsa pasar produk halal di dunia semakin besar.

Warga muslim dunia berpotensi membelanjakan lebih dari US$ 2 Triliun atau sekitar Rp 28,2 ribu triliun di sektor makanan halal, produk farmasi, kosmetik, fashion dan rekreasi halal.

Sebagai upaya untuk mendorong industri halal serta ekspor produk halal Indonesia, pada Trade Expo  ke-36 pada tahun 2021, disediakan platform khusus untuk mempromosikan produk halal dan produk fashion muslim. 

Selain menyediakan platform khusus bagi produk-produk halal Indonesia, pemerintah juga akan meluncurkan Jakarta Muslim Fashion Week yang akan dilaksanakan secara back-to-back dengan Trade Expo Indonesia.

 "Hal ini kami lakukan sebagai upaya menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal dan kiblat mode bagi fashion muslim dunia di masa yang akan datang," kata Lutfi dalam acara Pembukaan Trade Expo Indonesia ke-36 Digital Edition (TEI-DE), di Jakarta, Kamis (21/10).

Kesiapan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia terlihat dari capaian ekspor produk halal Indonesia. 

Saat ini nilai ekspor Indonesia untuk produk halal diperkirakan mencapai US$ 6 miliar atau setara dengan peringkat 21 dunia.

Sedangkan untuk ekspor fashion muslim diperkirakan sebesar US$ 4,1 miliar atau setara 13 besar dunia,

Gelaran Trade Expo kali ini disambut antusiasme yang tinggi dari para eksportir., terbukti dengan stand yang telah terisi sebanyak 834 pelaku usaha.

Meningkat dari tahun 2020 yang hanya diikuti oleh 690 pengusaha. Selain oleh para eksportir, Trade Expo ini juga disambut baik oleh para calon pembeli.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...