Sandiaga Uno Hadiahi Staycation Gratis di Hotel Kepada Nakes

Image title
Oleh Maesaroh
22 Oktober 2021, 11:51
Sandiaga Uno, hotel, nakes
Kemenparekraf
Tenaga kerja (Nakes) Kesehatan diperiksa sebelum memasuki hotel. Kemenparekraf akan memberikan program staycation gratis di hotel sebagai apresiasi kepada nakes.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno  mengatakan Kemenparekraf akan menyediakan program staycation gratis di hotel kepada tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga penunjang fasilitas kesehatan (faskes) penanganan Covid-19.

Program staycation gratis tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras mereka selama pandemi sekaligus bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional khususnya industri pariwisata.

"Seiring dengan melandainya grafik COVID-19, kami mempersilakan para tenaga kesehatan untuk memanfaatkan program staycation yang saat ini sedang dipersiapkan oleh Kemenparekraf," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Kamis (21/10/2021),

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan program staycation ini merupakan bagian dari program reaktivasi industri pariwisata melalui penyediaan akomodasi dan fasilitas pendukung lainnya.

Program tersebut juga meliputi sarana transportasi bagi tenaga kesehatan dan tenaga penunjang fasilitas kesehatan penanganan Covid-19 di Indonesia.

 Kegiatan reaktivasi ini memiliki multiplier effect, berupa kenaikan kenaikan occupancy hotel sebesar 40%.

Hal ini akan berdampak mempekerjakan kembali karyawan yang telah dirumahkan baik yang berasal dari industri perhotelan maupun moda transportasi darat.

Sandiaga mengatakan program staycation diharapkan meningkatkan keterlibatan tenaga kerja baik langsung maupun tidak langsung pada kegiatan reaktivasi industri pariwisata sebanyak kurang lebih 8.600 orang

"Ada juga peningkatan Pendapatan Asli Daerah  dari sektor akomodasi perhotelan dan transportasi darat yang berasal dari pajak perusahaan," tuturnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...