LRT Jabodebek Tabrakan, Diduga Karena Langsiran Melaju Terlalu Cepat

Image title
Oleh Maesaroh
25 Oktober 2021, 18:46
LRT, LRT jabodetabek, kereta
ANTARA FOTO/ Asprilla Dwi Adha/rwa.
Petugas memeriksa gerbong kereta LRT yang mengalami kecelakaan di ruas Cibubur-TMII, Jakarta, Senin (25/10/2021). Dua kereta ringan lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek mengalami kecelakaan di jalur layang ruas Cibubur-TMII pada pukul 12.30 WIB dan hingga kini masih dalam proses pemeriksaan. ANTARA FOTO/ Asprilla Dwi Adha/rwa.

Dua train set atau rangkain kereta light rail transit (LRT) Jabodebek bertabrakan di antara Stasiun Ciracas dan Stasiun Harjamukti, Jakarta Timur, Senin (25/10). Indikasi awal menunjukan kecelakaan terjadi karena laju langsiran yang terlalu cepat.

Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro mengatakan tabrakan melibatkan train set 20 dan 29. Train set 29 akan diuji coba hari ini oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

Kecelakaan terjadi karena train set 29 yang melaju dari Stasiun Ciracas dan hendak bergabung ke Stasiun Harjamukti bertabrakan dengan dengan train set 20.

INKA menjelaskan rangkaian kereta untuk LRT tersebut memang tersebar di sepanjang jalur antara dua stasiun tersebut.

 "Ini dalam rangka pengujian. Persiapan pengujian di siang hari kemudian (biasanya) pengujian malam hari. Train set 29 ini akan diujicoba," tutur Budi, dalam konferensi pers, Senin (25/10).

Indikasi awal menunjukan kecelakaan disebabkan human error karena masinis menjalankan langsiran terlalu cepat.

Langsir atau pergerakan rangkaian kereta, gerbong, atau hanya lokomotif untuk beralih jalur rel melaju di atas ketentuan. Namun, Budi tidak menjelaskan berapa kecepatan langsiran saat terjadi tabrakan.

Tidak ada korban jiwa dalam tabrakan LRT Jabodebek.

"Indikasi human error kecepatannya melebihi (ketentuan). Kenapa melaju cepat, itu yang nanti akan diinvesitigasi. Masinisnya alhamdulilah tidak apa-apa, luka ringan dan dibawa ke rumah sakit dalam keadaaan masih sadar,"tuturnya.

 INKA kini menunggu investigasi yang dilakukan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menyelidiki penyebab kecelakan lebih lanjut.

Menyusul kecelakaan, dua train set 20 dan 29 akan dibawa ke pabrik di Madiun, Jawa Timur untuk dilakukan perbaikan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...