Industri Kecil Berperan Penting dalam Kemandirian Pangan, Tekan Impor

Cahya Puteri Abdi Rabbi
28 Oktober 2021, 17:16
industri, kecil, pangan, UMKM
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/wsj.
Pekerja menata berbagai macam produk makanan dari berbagai UMKM di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Batang Coffee, Tersono, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (26/10/2021). KUB Batang Coffee menggandeng 10 UMKM makanan di lingkungan sekitar untuk berkolaborasi bersama dalam menjaga konsistensi usaha dan membuka lapangan kerja bagi warga setempat saat pandemi COVID-19.

Ketahanan pangan nasional merupakan program prioritas pemerintah yang bertujuan untuk memperkuat cadangan pangan nasional secara menyeluruh, dari hulu hingga hilir yang berupa produk olahan pangan utamanya yang berbasis industri.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, tujuan akhir dari ketahanan pangan nasional adalah kecukupan pangan hingga tingkat perorangan yang disertai dengan kecukupan mutu, gizi, keamanan dan kesesuaian dengan preferensi.

Namun, menurut Agus, faktor kecukupan juga harus diiringi oleh faktor kemandirian dalam menciptakan ketahanan pangan nasional.

"Oleh karena itu, penting bagi pemerintah untuk membangun ketahanan pangan berbasis pada kekuatan dan keunikan sumber daya lokal, yang arah utamanya yakni pemenuhan kebutuhan pangan tanpa bergantung pada impor, sehingga tercipta kemandirian dan kedaulatan pangan" kata Agus dalam acara Indonesia Food Innovation 2021, Kamis (28/10).

 Konsep kemandirian dan kedaulatan pangan menuntut partisipasi aktif dari berbagai unsur masyarakat.

Salah satunya yakni para pelaku usaha industri kecil dan menengah (IKM) di bidang pangan.

Makin maraknya industri kecil dan menengah dalam usaha pengolahan pangan lokal membuktikan keterlibatan masyarakat secara aktif dalam upayanya menciptakan kemandirian pangan.

"Karena itu, pengindustrian aneka pangan lokal sangat penting untuk diarahkan pada pemberdayaan industri kecil dan menengah makanan minuman," ujar dia.

Pemberdayaan IKM tidak hanya bermanfaat untuk penyediaan pangan yang aman, bermutu dan bergizi, namun juga penting dalam memberdayakan ekonomi masyarakat lokal.

Kondisi tersebut bisa menciptakan penerapan tenaga kerja, pemerataan pendapatan dan peningkatan kesejahteraan di tengah-tengah masyarakat.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...