WHO Butuh Rp 331 Triliun untuk Penanganan Covid-19 Setahun

Cahya Puteri Abdi Rabbi
29 Oktober 2021, 11:26
WHO, covid-19, vaksin, corona,gerakan 3M
WHO
Bantuan WHO berupa alat medis sampau di Somalia pada 12 May 2020. WHO memperkirakan dibutuhkan dana sekitar Rp 332 triliun untuk penanganan Covid-19 setahun ke depan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membutuhkan dana sekitar US$ 23,4 miliar atau sekitar Rp 332 triliun untuk penanganan Covid-19 sampai September tahun 2022 atau setahun ke depan.

Dana tersebut digunakan untuk membantu menyediakan akses ke vaksin, perawatan, dan tes Covid-19 di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Advertisement

“Angka ini tidak berarti jika dibandingkan dengan kerugian ekonomi triliunan dolar yang disebabkan oleh pandemi dan biaya rencana stimulus untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional,” kata WHO dalam keterangan resminya, dikutip dari Bloomberg, Jumat (29/10).

 Dilansir dari Reuters, WHO berencana untuk fokus pada upaya pencegahan adanya potensi lima juta kematian akibat virus Corona. 

Uang yang dikucurkan lewat ACT-Accelerator ini diharapkan dapat mencakup penggunaan obat antivirus oral eksperimental yang dibuat oleh Merck (MSD) untuk mengobati kasus dengan gejala ringan dan kasus sedang.

Jika penggunaan obat tersebut disetujui oleh otoritas berwenang, diperkirakan hanya akan memakan biaya sebesar US$ 10 per kursus.

Sementara itu, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, saat ini negara-negara berpenghasilan tinggi telah menggunakan 75% dari semua vaksin Covid yang diproduksi.

Sedangkan negara-negara berpenghasilan rendah baru menerima sekitar setengah dari 1% vaksin dunia.

 Tedros mencontohkan, seperti di Afrika, hanya 5% dari sekitar 1,4 miliar orang Afrika sudah divaksinasi sepenuhnya.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement