Jokowi-PM India Modi Sepakati Kerja sama Bahan Baku Obat-Perdagangan

Image title
Oleh Maesaroh
1 November 2021, 11:48
Jokowi, India, perdagangan
(ANTARA/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi di La Nuvola, Roma, Italia, pada Minggu (31/10/2021) waktu setempat. (ANTARA/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)\\

Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi. Keduanya sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang kesehatan maupun ekonomi.

"Perkembangan (penurunan angka kasus COVID-19) ini tidak terlepas dari kerja sama kedua negara dalam penanganan COVID–19. Sudah menjadi komitmen Indonesia untuk terus memajukan kemitraan mitra strategis komprehensif dengan India," kata Presiden Jokowi di La Nuvola, Roma, Italia, pada Minggu (31/10) waktu setempat, seperti dikutip dari Antara.

Presiden Jokowi bertemu dengan PM Modi pada sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Roma.

Presiden Jokowi mengaku senang melihat angka kasus COVID-19 di kedua negara yang terus mengalami kemajuan secara signifikan.

Seperti diketahui, Indonesia dan India berjuang keras untuk menekan angka kasus Covid-19 akibat varian Delta pada Mei-Juli.

Presiden Jokoi dan Modi juga membahas sejumlah peluang kerja sama, terutama di bidang kesehatan.

Presiden berharap industri farmasi kedua negara dapat melakukan kerja sama produksi bersama bahan baku obat (BBO), termasuk melalui pengembangan kapasitas antara perusahaan farmasi kedua negara.

"Selain bahan baku obat, kerja sama pengembangan vaksin kedua negara juga harus terus didorong," kata Presiden Jokowi.

India merupakan produsen vaksin terbesar di dunia dan produk farmasi terbesar ketiga di dunia. Hal tersebut dapat menjadi modal besar untuk memperkuat kerja sama Indonesia dan India.

Kedua pemimpin sepakat untuk segera menindaklanjuti pada tingkat teknis.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...