Adaro Bantah Ambil Keuntungan dari Tes PCR Melalui PT GSI

Image title
Oleh Maesaroh
4 November 2021, 18:09
Adaro, Adaro Energy, Tes PCR
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Petugas kesehatan melakukan tes usap polymerase chain reaction (PCR) COVID-19 pada warga di Jakarta, Selasa (2/11/2021).

PT Adaro Energy membantah jika mereka mengambil keuntungan dalam pengadaan tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Keterlibatan mereka merupakan bentuk layanan sosial karena ingin membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Sebagaimana diketahui, nama Adaro terseret dalam isu perputaran bisnis tes PCR. Nama Adaro kemudian menyeret Menteri BUMN Erick Thohir mengingat Adaro dipimpin kakak Erick yakni Garibaldi.

Adaro menjelaskan mereka melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) bersama sejumlah perusahaan & yayasan binaan perusahaan menginisiasi berdirinya GSI Lab yang dikelola PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI).

Dukungan Adaro kepada PT GSI merupakan peran aktif mereka dalam membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

"Tanpa adanya niat mencari keuntungan bisnis. Ini karena tidak seperti bentuk badan hukum lainnya,"tulis Adaro dalam keterangan yang diterima Katadata, Kamis (4/11).

"Yayasan dilarang untuk membagikan keuntungan atau bentuk dividen kepada siapa pun, termasuk pengurus, pembina dan pendirinya, namun hanya untuk menjalankan program-program sosial berikutnya,"tutur Adaro.

Adaro menjelaskan GSI Lab dibentuk pada April 2020, sebagai bentuk dukungan percepatan penanganan COVID-19.

Menurut mereka, GSI Lab juga hadir sebagai kewirausahaan sosial untuk memberikan alternatif pengujian PCR yang terjangkau dan terjamin mutunya.

 "Para shareholders GSI Lab berkomitmen untuk mencurahkan mayoritas dari keuntungan yang ada guna mengembangkan kekuatan sektor kesehatan Indonesia,"kata Adaro.

GSI Lab kemudian membagikan PCR swab gratis kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan, yakni masyarakat kurang mampu dan petugas garda terdepan (frontliners) yang memiliki resiko tinggi terpapar.

Selain itu, GSI Lab juga memiliki program sosial yang aktif membantu Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dalam melakukan test Whole Genome Sequencing (WGS) gratis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...