Naik Pesawat Boleh Antigen, 9.500 Orang Kunjungi Bali dalam Tiga Hari

Cahya Puteri Abdi Rabbi
8 November 2021, 15:41
Bali, pesawat, antigen
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.
Wisatawan menikmati pemandangan objek wisata Ulun Danu Beratan saat liburan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tabanan, Bali, Rabu (20/10/2021).

Tingkat kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) ke Bali meningkat tajam setelah pemerintah memperbolehlan tes Antigen sebagai sayarat perjalanan pesawat antar wilayah Jawa-Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, rata-rata tingkat kunjungan wisatawan nusantara ke Bali dalam tiga hari terakhir (5-7 November) sebanyak 9.500 pelaku perjalanan, setelah sebelumnya berada di angka 8.000.

Sandiaga menyebut, peningkatan ini dikarenakan ketentuan testing pelaku perjalanan menggunakan pesawat sudah diperbolehkan hanya dengan melakukan tes antigen.

"Jadi ada peningkatan 20-25% karena perubahan ketentuan testing," kata Sandiaga dalam konferensi pers virtual, Senin (8/11).

 Sebagaimana diketahui, pada 1 November lalu, pemerintah menghapus ketentuan wajib tes Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk penumpang pesawat udara tujuan Jawa-Bali.

Penumpang diperbolehkan menunjukan hasil tes Antigen sebagai syarat perjalanan.

Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh baik pesawat udara, bis, kapal laut ataupun kereta api juga harus menunjukan hasil tes Antigen atau Polymerase Chain Reaction (PCR).

Aturan tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Immendagri) No 57 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 (tiga), Level 2 (dua), dan Level 1 (satu) Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di wilayah Jawa dan Bali.

Sebelumnya, Sandiaga menyebut bahwa jumlah kunjungan wisawatan ke Bali menurun karena adanya persyaratan wajib tes PCR.

 Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan, tingkat kunjungan ke Bali mengalami peningkatan dari 5.000 wisatawan menjadi 10.000 wisatawan per hari.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...