Erick Thohir Janjikan Sarinah Akan Buka Kembali Maret Tahun Depan

Sarinah sudah direnovasi sejak Juni tahun lalu. Renovasinya diperkirakan memakan biaya Rp 700 miliar.
Image title
9 November 2021, 13:52
Erick Thohir, Sarinah, BUMN
maesaroh/Katadata
Sarinah Department Store

Sarinah Department Store rencananya akan dibuka kembali pada Maret tahun depan setelah direnovasi sejak Juni 2020.

Rencana pembukaan Sarinah tersebut disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir saat bertemu dengan pemilik jaringan pertokoan Al Jaber yakni Hussain A. Jaber.

Keduanya hadir dalam peninjauan produk UMKM Indonesia di Al Jaber Dubai Mall, Burj Khalifa area, Uni Emirat Arab (UEA).

Saat menemani Hussain A. Jaber, Erick secara langsung mengundang Hussain Jaber saat pembukaan kembali Sarinah tahun depan.

Advertisement

 "Sampai jumpa di Indonesia. Kami mengundang kalian ke Indonesia, karena sebenarnya kami akan membuka Sarinah di bulan Maret. Mungkin kita bisa mengundang beliau (Hussain A. Jaber)," tutur Erick Thohir,i dikutip dari akun resmi Instagram-nya @erickthohir, Selasa (9/11).

Bersama Al Jaber, Erick berkeliling toko dan melihat deretan produk buatan Indonesia di toko tersebut.

Produk Indonesia tersebut di antaranya sepatu, tas, perhiasan, dompet bermotif batik, kalung manik-manik, dan kipas.

"Bangga banget melihat produk UMKM Indonesia tersusun cantik di toko Al Jaber, Dubai Mall, Burj Khalifa area," kata Erick.

"Saya juga bertemu langsung dengan Mr. Hussain A. Jaber, pemilik tokonya. UMKM yang masuk di toko Al Jaber adalah UMKM binaan BNI Xpora,"tambah Erick.

 Menurut Erick, kipas menjadi salah satu produk Indonesia favorit di toko tersebut karena cocok dengan cuaca panas Dubai.

"Bagus-bagus sekali. Saya berharap kedepan semakin banyak produk UMKM yang bisa mendunia,"ujar pejabat kelahiran 30 Mei 1970 tersebut.

Dilansir dari Antara, sebelumnya, Erick Thohir mengungkapkan kemungkinan peresmian dan pembukaan kembali Gedung Sarinah pascarenovasi diundur ke awal 2022.

Dia berharap Sarinah nantinya tidak hanya menjual dan memasarkan produk atau merek lokal.

Sarinah juga harus memiliki kanal pemasaran di luar negeri dengan menjalin kerja sama dengan ritel bebas cukai atau duty-free ternama dunia Dufry.

 Sarinah yang terletak di pusat ibu kota Jakarta bukan hanya sebuah department store tetapi sudah menjadi ikon kota tersebut.

Seperti diketahui, Gedung Sarinah merupakan salah satu gedung pencakar langit dan pusat belanja pertama di Indonesia.

Bangunan ini menjadi bagian proyek mercusuar Presiden Sukarno. Keberadaanya berbarengan dengan Hotel Indonesia dan Patung Selamat Datang.

Sukarno meresmikannya pada 15 Agustus 1966. Biaya pembangunannya berasal dari dana rampasan perang atau kompensasi pemerintah Jepang.

Nama Sarinah dipilih oleh Bung Karno untuk mengabadikan nama pengasuhnya saat kecil. Ia mengaku sangat mengagumi wanita tersebut

Renovasi Gedung Sarinah diperkirakan menelan anggaran Rp 700 miliar. PT Wijaya Karya (Persero) ditunjuk menjadi kontraktornya.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait