Inovasi BUMN-UMKM-Mahasiswa Hadirkan Kincir Air Karya Anak Bangsa

Cahya Puteri Abdi Rabbi
10 November 2021, 09:42
Kincir air, BUMN, UMKM, perikanan
Kemenko Marves
Kincir air buatan BUMN PT Boma Bisma Indra (BBI) dan UMKM PT Om Hwahaha (Futata)

Pemerintah terus mendorong percepatan penggunaan kincir air karya anak bangsa untuk sektor perikanan. Inovasi kincir air tersebut salah satunya dihadirkan BUMN PT Boma Bisma Indra (BBI) dan PT Om Hwahaha (Futata) yang merupakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Keduanya merupakan manufaktur dan bekerja sama dengan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) sebagai pihak yang melakukan pemodelan dan riset untuk kincir air karya anak bangsa tersebut.

Advertisement

Kincir air  buatan  PT BBI, PT Omhwahaha, dan PPNS ini sudah menjalani beberapa tahapan mulai dari pembahasan kerja sama, penandatanganan nota kesepahaman (MoU), serta pembuatan dan pengujian purwarupa pada April 2021.

Pengujian purwarupa dilakukan di Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo di Instalasi Pasuruan selama enam bulan.

Hasil dari pengujian tersebut dinilai baik, seperti kestabilan kincir air ketika beroperasi dengan indikator adanya suara motor yang lebih halus, jangkauan aliran lebih jauh, jangkauan area lebih luas dan DO (Dissolved Oxygen) serta saturasi oksigen kincir ini lebih baik.

Selain itu, ketinggian air pada kincir air baru juga lebih tinggi daripada kincir eksisting yang masih impor. 

Direktur PT Omhwahaha Sutrisno mengatakan, bahwa purwarupa kincir air buatan mereka sudah diujicobakan dan berjalan dengan baik. Uji coba dilakukan selama satu siklus atau enam bulan.

"Hasilnya, kincir air kami dapat bertahan dari karat dan berfungsi baik," kata Sutrisno, dalam siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Selasa (9/11).

Produk kincir air tersebut menggunakan bahan dasar yang lebih tahan terhadap karat dibandingkan bahan yang digunakan kincir air impor.

Rata-rata kincir air impor ini berasal dari Taiwan, Cina, dan India.

 Untuk buatan karya anak bangsa memiliki spesifikasi motor penggerak 0,8 ampere yang hemat listrik, dimensi 1775 x 1630 x 960 millimeter, kedalaman 8 centimeter.

Spesifikasi tersebut menghasilkan oksigen lebih banyak dan arus yang lebih kuat, serta pipa kotak yang berbahan stainless.

Kualitas dari kincir air ini juga didukung olehBalai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo. Dia mengungkapkan bahwa sebagai pengguna kincir air, kualitas dari kincir air sangat baik dan bisa digunakan.

menko marvest
Kincir air produksi dalam negeri (Kemenko Marves)

Hanya saja, isu perawatan mesin perlu konsisten untuk dijaga.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement