Piaggio Bangun Pabrik di Cikarang, Produksi Vespa 10 Ribu per Tahun

Cahya Puteri Abdi Rabbi
10 November 2021, 10:24
vespa, industri, otomotif, pabrik
piaggio.co.id
Produk Vespa buatan Piaggio

PT Piaggio Indonesia melakukan groundbreaking pabrik  mereka di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (9/11). Produsen Vespa tersebut mentargetkan bisa mulai produksi vespa tahun depan dan bisa menghasilkan 10 ribu unit tahun depan.

"Sekarang kami memutuskan untuk memulai babak baru dan menegaskan komitmen tulus kami kepada Indonesia," ungkap Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega pada acara peletakan batu pertama di Cikarang, Jawa Barat, seperti dikutip dari Antara.

Marco mengatakan dibangunnya pabrik di Cikarang merupakan bukti komitmen perusahaan terhadap konsumen di Indonesia. 

"Melalui sejarah panjang di Indonesia, saya yakin para penggemar Vespa di Indonesia dan mengisi posisi kedua setelah Italia. Ini fakta sederhana, tapi menegaskan bahwa Italia dan Indonesia memiliki kegemaran yang sama," katanya.

Pada tahun ini,  PT Piaggio Indonesia merayakan perjalanannya yang ke-10 di Indonesia dan secara global jenama otomotif asal Italia ini sudah menginjak usia yang ke-75 tahun.

 Proyek fasilitas industri ini berada di lahan selalu enam hektar dan berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat dan akan berfokus untuk memproduksi Vespa sebagai merek ikonik dari perusahaan tersebut.

Proyek produksi Vespa mereka akan dimulai pada kuartal keempat di tahun 2022.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan ekspansi yang dilakukan oleh PT. Piaggio Indonesia menjadi lompatan jauh dari perusahaan tersebut.

Selain itu, upaya ini juga memberikan kontribusi positif bagi pengembangan industri otomotif nasional, terutama dari sisi peningkatan investasi, penyerapan tenaga kerja, dan pemberdayaan industri komponen lokal.

“Perlu diingat, ini merupakan tahap awal, artinya ke depannya akan lebih banyak lagi aktivitas, partisipasi, maupun investasi dari teman-teman Italia, khususnya PT. Piaggio Indonesia,” kata Agus Gumiwang, dikutip dari keterangan resminya, Selasa (9/11).

 Agus berharap, fasilitas baru ini dapat memperkuat 'brand image' Piaggio di Indonesia.

Juga, menciptakan nilai tambah industri dalam negeri yang pada akhirnya dapat mengakselerasi pemulihan industri otomotif nasional di tengah pandemi Covid-19. 

Kementerian Perindustrian terus memacu pengembangan sektor otomotif, termasuk industri sepeda motor.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...