Putri Presiden Duterte Calonkan Diri Sebagai Wakil Presiden Filipina

Image title
Oleh Maesaroh
13 November 2021, 17:50
Duterte, Filipina
https://www.facebook.com/davaocitygov
Sara Duterte Carpio

Puteri Presiden inkumben Filipina Rodrigo Duterte, Sara Duterte-Carpio, resmi mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden (cawapres) dalam pemilihan umum Filipina tahun depan.

Pencalonan Sara Duterte pada hari ini, Sabtu (13/11),  mengakhiri spekulasi berbulan-bulan mengenai kemungkinan dirinya maju dalam pilpres, 

Politikus berusia 43 tahun tersebut maju dalam pencalonan cawapres disokong oleh partainya, Lakas-CMD.

Saat ini Sara menjabat sebagai Wali Kota Davao, kota dengan populasi terbanyak ketiga di Filipina setelah Quezon dan Manila.

 Perempuan kelahiran 31 Mei 1978 tersebut maju dalam pencalonan cawapres secara substitusi dengan menggantikan calon lama.

Lakas-CMD mencabut pencalonan kandidt asli partai politik tersebut pada hari ini, dua hari menjelang penutupan pendaftaran bursa capres dan cawapres 15 November mendatang.

Partai tersebut juga tidak akan akan mengajukan calon presiden pada pemilu mendatang dan akan mendukung Sara sepenuhnya.

Pencalonan Sara sebagai calon wakil presiden menjadi kejutan mengingat namanya hampir selalu menempati urutan pertama dalam polling calon presiden sepanjang tahun ini.

"Ini tentu saja kejutan. Kejutan selanjutnya adalah dia akan menjadi wakil presiden dari siapa," Antonio La Vina, professor hukum dan politik dari Ateneo de Manila University, seperti dikutip dari Channelnewsasia.

 Di Filipina, pemilihan untuk presiden dan wakil presiden dilakukan secara terpisah sehingga presiden dan wakil presiden terpilih bisa disokong dari partai yang berbeda.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...