Produk UMKM Perikanan RI Dijual di Dubai Expo, Ada Keripik Duri Lele

Cahya Puteri Abdi Rabbi
23 November 2021, 08:14
Dubai Expo, Dubai, UMKM
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Pengunjung Dubai Expo 2020 melihat-lihat produk UMKM Indonesia

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memamerkan produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) hasil laut Indonesia di gelaran Dubai Expo 2020. 

Adapun, produk-produk yang ditampilkan antara lain abon ikan patin, kulit ikan (fish skin) berbagai rasa, dan abon ikan bandeng.

Selain itu, ada juga baby fish crispy, stamina salt, milk bath, detox bath herbal, bath soak, wideran abon, keripik duri lele, sumpia ikat, ikan kayu aceh, ikan dan udang kremez, hingga ikan kuaci.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Artati Widiarti mengatakan, gelaran Dubai Expo 2020 merupakan kesempatan yang baik untuk memperkenalkan produk-produk UMKM kepada dunia.

"Karena Dubai Expo ini merupakan ajang terbesar ketiga di dunia setelah Olimpiade dan FIFA World Cup," kata Artati dalam keterangan resminya, Senin (22/11).

 Ia menambahkan, keikutsertaan di ajang internasional ini menunjukkan keseriusan KKP dalam mengangkat daya saing UMKM.

Selama ini, pihaknya terus mengupayakan pembinaan dan pendampingan, serta pelatihan on boarding UMKM di marketplace, fasilitasi galeri produk UMKM di bandara dan rest area, fasilitasi pameran virtual, serta fasilitasi promosi dan pemasaran produk unggulan UMKM. 

Selain produk UMKM, di Paviliun Indonesia, KKP juga menampilkan produk premium seafood, produk kosmetik berbasis rumput laut dan kerajinan kekerangan.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...