Tampilkan Inovasi, Pameran Kendaraan Listrik IEMS Dibuka Hari Ini

Cahya Puteri Abdi Rabbi
24 November 2021, 12:32
kendaraan listrik, IEMS 2021, otomotif
electricmotorshow.id
Ilustrasi pameran IEMS 2021

Pameran mobil listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 resmi dibuka hari ini (24/11). Pameran ini akan berlangsung selama tiga hari hingga 26 November mendatang di Kawasan PUSPITEK, Serpong, Tangerang Selatan.

Pameran ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong pengembangan ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), sekaligus menjadi ajang untuk sosialisasai dan edukasi kepada publik tentang manfaat kendaraan listrik berbasis baterai.

Advertisement

Juga, menjadi ajang memamerkan sejumlah inovasi di industri kendaraan listrik Tanah Air.

"Ini juga merupakan salah satu upaya kita untuk memberikan stimulus, memberikan sengatan bagi kita untuk bergerak lebih cepat lagi, untuk lebih concern lagi menuju elektrifikasi," kata Kepala Staf Presiden Moeldoko saat membuka IEMS 2021 di Tangerang Selatan, Rabu (24/11).

 Moeldoko mengatakan, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), transisi energi dari energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT) merupakan sebuah keharusan.

Oleh karena itu, penggunaan kendaraan listrik untuk transportasi jalan adalah hal yang tidak bisa ditunda.

Dukungan riset dan inovasi sangat penting untuk memastikan Indonesia bukan hanya menjadi pasar di tengah kekuatan gelombang kekuatan produksi KBLBB dunia.

"Bila pergerakan kita lambat, Indonesia berpotensi hanya akan menjadi market saja. Ini sudah tidak bisa lagi ditunda," katanya.

Ia berharap, gelaran pameran otomotif ini dapat mendorong program KBLBB yang merupakan solusi menuju transformasi energi. Di mana, nantinya akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement